Sukses

Viral Dokter di TikTok Klaim Meletakkan Es di Antara Payudara Bantu Tidur Nyenyak

Seorang dokter di TikTok mengklaim cara ini dapat membantu Anda tidur nyenyak

Liputan6.com, Jakarta Banyak dari kita akan berjuang untuk mendapatkan tidur malam yang baik, terutama pada saat kita merasa sangat stres atau cemas tentang berbagai hal.

Metode populer untuk tertidur dengan cepat begitu bervariasi. Mulai dari menyeruput secangkir teh camomile kuno yang baik sebelum tidur hingga menyemprotkan semprotan lavender yang harum ke bantal Anda.

Tetapi ada beberapa teknik yang lebih tidak biasa dan kurang dikenal di luar sana.

Misalnya, seorang dokter di TikTok telah mengklaim bahwa meletakkan sebungkus es di dada Anda, di antara payudara Anda, dapat bekerja sangat baik untuk mendapatkan tidur nyenyak. Ia juga menyarankan orang untuk membungkus es dengan kain sebelum meletakannya selama sekitar 15 menit.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Meletakkan es di daerah dada

Di TikTok, ahli kesehatan dan kesejahteraan Dr. Alan Mendell - yang paling dikenal oleh penggemar sebagai 'dokter motivasi' - menjelaskan: "Menempatkan sesuatu yang dingin di tubuh bagian atas Anda akan membantu mengaktifkan saraf vagus".

@motivationaldoc Ice Between the Breasts Puts You to SLEEP! #drmandell #youtube #sleep #stress #viral #fyp ♬ original sound - Motivationaldoc

Dokter - yang membagikan konten melalui nama pengguna motivasionaldoc - menambahkan: " Ini membantu menenangkan Anda. Jadi, ambil kompres es, taruh di dada. Ini akan membuat tubuh Anda tertekan dan membuat Anda tertidur."

 

3 dari 5 halaman

Respons netizen

Video bermanfaat itu telah dilihat lebih dari 1,6 juta kali, dan banyak pengikut Dr. Mendell ingin menambahkan tips itu ke rutinitas tidur mereka.

Satu orang menulis bahwa metode yang sama ini "membantu meredam serangan panik dan serangan udara panas saya 100%".

Sementara yang lain berkomentar: "Yup begitulah cara saya bernapas lebih baik! Ketika jantung saya berdebar kencang atau saya tidak bisa bernapas dengan benar, saya melakukan ini!"

 

4 dari 5 halaman

Apa itu saraf vagus?

Menurut Healthline, saraf vagus adalah saraf kranial terpanjang di tubuh manusia, berjalan dari batang otak Anda ke bagian usus besar Anda. Ini bertanggung jawab untuk sejumlah fungsi organ internal, termasuk pencernaan, detak jantung, pernapasan, dan aktivitas kardiovaskular serta tindakan refleks, seperti bersin, batuk, menelan, dan muntah.

Saraf vagus terkait erat dengan kualitas tidur, dengan fungsinya termasuk menyeimbangkan sistem saraf dengan menerapkan respons relaksasi, salah satu aspek terpenting dari tidur malam yang nyenyak.

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.