Sukses

Teknik Pernapasan Sederhana 4-7-8 Ini Bakal Bantu Anda Tidur dengan Cepat

Teknik pernapasan ini dapat membantu Anda untuk tidur dengan cepat

Liputan6.com, Jakarta Berjuang untuk tidur cepat di malam hari? Ketika banyak dari kita meletakkan kepala di atas bantal, kita dibanjiri dengan segala macam pikiran yang berbeda.

Anda mungkin memiliki pasangan yang mendengkur di sebelah mereka, atau mungkin cuaca ekstrem dan badai membuat Anda tetap terjaga. Bagaimanapun, berbaring di sana dan memikirkan berapa jam yang Anda miliki sampai Anda harus bangun tidak akan membantu.

Untungnya, Ryan Thaker, pakar tidur di MattressNextDay telah membagikan tips terbaiknya untuk tertidur jika Anda berjuang dengan insomnia.

Jika Anda tidak bisa tidur, hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah melihat jam. Cobalah untuk tidak terobsesi dengan waktu yang tersisa sampai Anda perlu bangun, dan cobalah teknik sederhana ini yang dapat membantu Anda tertidur dengan cepat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara cepat tidur

Latihan pernapasan sederhana yang disebut metode 4-7-8 ini dianjurkan jika Anda ingin tertidur dengan cepat.

Ini adalah latihan pernapasan dalam yang merupakan "cara yang telah dicoba dan diuji untuk menenangkan pikiran agar dapat tidur dengan mudah".

Ryan merekomendasikan metode ini karena "melepaskan endorfin ke dalam tubuh, menciptakan efek menenangkan".

 

3 dari 5 halaman

Inilah cara Anda melakukan teknik 4-7-8:

1. Ambil beberapa napas alami dan tutup mata Anda

2. Jaga agar bibir Anda tetap tertutup rapat dan tarik napas melalui hidung

3. Saat Anda mengeluarkan napas, buat suara huruf M. Terus bersenandung sampai Anda merasa perlu menarik napas lagi

4. Ulangi dengan menghirup melalui hidung dan bersenandung saat Anda menghembuskan napas

 

4 dari 5 halaman

Apa lagi yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda tidur?

Ryan juga merekomendasikan untuk merapikan kamar tidur Anda sebagai cara untuk membantu Anda menghilangkan stres.

Dia menambahkan: "Penelitian menunjukkan bahwa kamar tidur yang berantakan dapat memperburuk tingkat kecemasan Anda, yang dapat membuat Anda terjaga di malam hari.

Beralih ke tempat tidur baru dapat membantu Anda merasa lebih nyaman. Ryan menambahkan: "Anda juga harus menyemprotkan sedikit kondisioner kain yang diencerkan ke seprai Anda, karena ini tidak hanya akan menghilangkan kerutan, tetapi aromanya dapat memberikan sifat penenang untuk membantu Anda tertidur lebih cepat."

Memastikan Anda merasa aman sangat penting untuk waktu tidur, jadi Ryan menyarankan untuk mempertimbangkan mengelilingi diri Anda dengan bantal.

 

5 dari 5 halaman

Menggunakan minyak lavender

Kiat lain termasuk menyemprotkan minyak lavender di atas tempat tidur Anda atau di sarung bantal karena aromanya memiliki "sifat obat penenang.

Ryan menambahkan: "Penelitian lebih lanjut telah menunjukkan bahwa lavender dapat meningkatkan kualitas tidur dan kecemasan yang lebih rendah seefektif dosis rendah obat penenang, Lorazepam."

Anda juga harus mempertimbangkan untuk menjadikan kamar tidur Anda sebagai zona larangan ponsel, dan menjauhlah darinya setidaknya tiga jam sebelum tidur.

Cahaya biru yang dipancarkan dari layar Anda memberi sinyal ke otak Anda bahwa itu siang hari meskipun sudah malam.

Anda juga dapat menggunakan penyumbat telinga untuk memblokir kebisingan latar belakang, atau headphone peredam bising.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.