Sukses

Jika Anda Mengalami Ini Saat Buang Air Kecil, Bisa Jadi Tanda Gejala Covid-19

Kini Covid-19 bahkan bisa mempengaruhi sistem kemih yang menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK).

Liputan6.com, Jakarta - Infeksi virus Corona tidak terbatas pada sistem pernapasan. Virus yang berkembang biak di saluran pernapasan bisa mempengaruhi bagian lain dari tubuh yang mempengaruhi setiap organ dan menyebabkan berbagai gejala Covid-19.

Covid-19 dengan varian lainnya yang muncul bisa mempengaruhi jantung, otot, otak dan organ indera kita lainnya. Kini Covid-19 bahkan bisa mempengaruhi sistem kemih yang menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK).

Melansir dari Times of India, Selasa (8/3/2022), infeksi saluran kemih (ISK) bisa mempengaruhi setiap bagian dari sistem kemih seperti ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Sebagian besar waktu infeksi melibatkan saluran kemih bagian bawah-kandung kemih dan uretra. 

Urin tidak mengandung bakteri dan bergerak melalui sistem kemih tanpa kontaminasi. Bakteri masuk ke dalam tubuh dari luar dan menyebabkan infeksi dan peradangan, yang disebut sebagai ISK.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terjadi pada pria dan wanita

 

Masalah ISK lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria karena pada wanita ureter dari mana urin dikeluarkan dari tubuh lebih pendek dan lebih dekat ke anus, jenis umum bakteri yang disebut bakter E.coli ditemukan.

Jika infeksi hanya terbatas pada kandung kemih, itu bisa menyakitkan dan mengganggu. Dalam kasus yang serius, bisa menyebar ke ginjal. ISK umumnya diobati dengan antibiotik.

 

3 dari 4 halaman

Hubungan antara Covid dan ISK

Meski ISK sebagian besar disebabkan karena masalah kebersihan, aktivitas seksual, penggunaan pil KB tertentu, dan juga karena menopause, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa infeksi Covid-19 juga bisa menjadi penyebabnya. 

Virus menular mempengaruhi saluran bawah, menyebabkan gejala khas ISK. Anehnya, ISK karena infeksi virus Corona lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita.

Individu yang dirawat di rumah sakit karena infeksi Covid-19 yang parah lebih mungkin mengalami ISK dibandingkan dengan orang lain.

 

4 dari 4 halaman

Gejala ISK

Gejala ISK saat terinfeksi virus Corona, meliputi:

  • Dorongan terus-menerus untuk buang air kecil
  • Sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Sering buang air kecil dalam jumlah sedikit
  • Urin yang tampak keruh
  • Urin tampak merah, merah muda cerah atau bewarna cola
  • Urin berbau menyengat
  • Nyeri panggul, pada wanita

Beberapa pasien bahkan mengalami disuria dan gejala iritasi saluran kemih. Tanda-tanda ini lebih sering terjadi pada pria lanjut usia dibandingkan dengan yang lebih muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.