Sukses

Studi: Omicron 40% Lebih Mematikan Dibandingkan dengan Flu Biasa

Omicron dikatakan setidaknya 40% lebih mematikan daripada flu musiman, menurut para ilmuwan Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Strain Omicron dari Covid-19 setidaknya 40% lebih mematikan daripada flu musiman, menurut para ilmuwan Jepang. Studi ini menggarisbawahi potensi bahaya mencabut pembatasan pandemi terlalu cepat dan meremehkan risiko kesehatan virus yang sedang berlangsung.

Dilansir dari The Hindustan Times, Selasa (8/3/2022), tingkat kematian kasus Omicron di Jepang, berdasarkan kelebihan kematian kumulatif dan jumlah infeksi sejak Januari, adalah sekitar 0,13%, menurut analisis oleh para ilmuwan yang memberi nasihat kepada menteri kesehatan negara itu. 

Sementara itu, secara signifikan lebih rendah dari tingkat kematian kasus 4,25% dari awal wabah, itu masih lebih tinggi dari 0,006% hingga 0,09% yang terlihat pada flu musiman, kata mereka. 

Namun negara-negara di seluruh dunia telah melonggarkan langkah-langkah mitigasi, dari mandat masker hingga persyaratan pengujian, dan mendorong untuk kembali ke kehidupan normal. 

Publik sudah bosan dengan pembatasan dan pengurangan keparahan Omicron telah meyakinkan banyak individu bahwa aturan tidak lagi penting. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penurunan kematian akibat omicron

Sementara Jepang belum secara resmi menurunkan kondisi tersebut, Jepang melonggarkan pembatasan perbatasan dan periode karantina untuk pendatang, pekerja penting, dan kontak dekat dari kasus positif untuk menjaga ekonomi tetap berjalan.

Penurunan kematian dengan Omicron dapat mencerminkan penurunan virulensi strain, terutama dibandingkan dengan varian Delta, dan manfaat vaksinasi, kata peneliti. Temuan menunjukkan pentingnya menempatkan langkah-langkah pengendalian sebelum vaksin didistribusikan sepenuhnya, kata mereka.

 

3 dari 6 halaman

Masih perlu studi lebih lanjut

Studi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan dampak pelonggaran setelah semua pembatasan dicabut kata Takaji Wakita, ketua dewan penasihat kementerian kesehatan. Informasi saat ini diperoleh ketika sebagian besar pembatasan pandemi masih berlaku, katanya.

4 dari 6 halaman

Memiliki beberapa keterbatasan

Studi yang belum ditinjau sejawat atau diterbitkan dalam jurnal medis ini memiliki beberapa keterbatasan, termasuk perbedaan cara pengumpulan data yang membuat perbandingan silang menjadi sulit, kata Wakita.

"Namun, ada perbedaan yang cukup besar dalam kematian," meskipun kedatangan Omicron telah mempersempit kesenjangan antara Covid dan influenza, katanya.

5 dari 6 halaman

Beberapa daerah masih dalam keadaan darurat

Gelombang Omicron telah mendorong beberapa daerah di Jepang untuk mencari keadaan darurat semu yang membatasi operasi bar dan restoran.

Saat ini, 31 dari 47 prefektur di negara itu berada di bawah tindakan itu hingga 6 Maret. Beberapa daerah, termasuk Osaka dan Kyoto, telah berusaha untuk memperpanjangnya, sementara yang lain meminta agar mereka dicabut, penyiar nasional NHK melaporkan.

6 dari 6 halaman

Infografis Gejala Covid-19 Omicron dan Cara Penanganan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Adalah

  • Flu