Sukses

6 Mitos Keliru Tentang Menopause yang Paling Dipercaya

Banyak individu masih percaya dengan berbagai mitos yang beredar mengenai menopause.

Liputan6.com, Jakarta - Menopause menjadi bagian alami dan normal dari kehidupan setiap wanita, seperti halnya menstruasi. 

Menopause terjadi ketika wanita mulai menua, lebih khusus lagi, ketika kadar estrogen turun. Jika Anda mulai mengalami gejala yang sulit ditanggung, penting untuk berkonsultasi ke dokter.

Namun, banyak individu masih percaya dengan berbagai mitos yang beredar mengenai menopause. Untuk itu, ketahui beberapa kebenaran di balik mitos tentang menopause, seperti melansir dari Bright Side, Senin (7/3/2022).

1. Menopause selalu dimulai pada usia 50 tahun

Anda bisa mengalami menopause ketika Anda baru berusia 30 tahun, semuanya tergantung pada obat-obatan yang Anda konsumsi, apakah Anda merokok, beberapa operasi yang pernah Anda jalani dan faktor genetik. 

Meski usia rata-rata mencapai menopause adalah 51 tahun, wanita juga bisa mengalaminya di usia 40-an.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Anda tidak akan mengalami kram lagi setelah menopause

Tepat sebelum Anda mencapai menopause, Anda mengalami rasa sakit dan kram di daerah panggulmu bahkan ketika Anda tidak sedang menstruasi. 

Jaringan otot adalah blok bangunan rahimmu, dan mereka bisa menekan dan menyebabkan pengalaman yang tidak menyenangkan, tapi Anda selalu bisa mendapatkan bantalan pemanas untuk mengurangi rasa sakit.

Jika rasa sakitnya tak tertahankan, maka Anda disarankan untuk menemui dokter.

3 dari 6 halaman

3. Tidak mungkin hamil tepat sebelum menopause

Memang benar bahwa semakin tua, semakin kecil kemungkinanmu untuk hamil. Namun, wanita masih berovulasi tepat sebelum menopause bahkan jika mereka telah melewatkan beberapa periode. 

Artinya, Anda tetap harus menggunakan alat kontrasepsi setelah Anda mencapai usia 45 tahun. Anda harus berhati-hati karena bisa berbahaya hamil di usia tua, khususnya bagi wanita yang memiliki penyakit tertentu.

 

4 dari 6 halaman

4. Menopause adalah penyakit

Menopause bukanlah penyakit, itu hanya bagian dari hidupmu seperti pubertas. Ini adalah awal dari paruh kedua hidupmu.

 

5 dari 6 halaman

5. Menopause menyebabkan depresi

Ada perbedaan besar antara depresi klinis dan perubahan suasana hati akibat menopause. Depresi klinis adalah gangguan dan membutuhkan perawatan. Sedangkan suasana hati yang tertekan, Anda tahu, ketika Anda mengorbit di sekitar perasaan sedih. 

Jika perubahan suasana hatimu terus-menerus, penting untuk menangani masalah ini dengan serius dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan bantuan.

 

6 dari 6 halaman

6. Gejala menopause berlangsung selamanya

Ketika Anda mencapai menopause, kadar estrogenmu menurun dan ketika ini terjadi, tubuhmu perlu waktu untuk membiasakannya karena semuanya terjadi secara perlahan dan gejalanya tetap ada, tapi tidak selamanya. 

Umumnya, gejalanya paling menyusahkan di awal (beberapa tahun pertama). Mereka bisa bertahan sekitar 4 setengah tahun setelah periode terakhirmu, dan maksimal 7 tahun.

Tapi seperti halnya segala sesuatu dalam hidup, setiap individu berbeda dan bagi sebagian orang, itu bisa memakan waktu lebih sedikit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Menopause adalah kondisi di mana tidak terjadi menstruasi selama 12 bulan akibat tidak aktifnya folikel sel telur.

    Menopause

  • Mitos adalah suatu kisah berlatar belakang masa lalu dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang menceritakannya dan pengikutnya.

    Mitos