Sukses

Pria Mungkin Lebih Terluka Daripada Wanita Saat Putus Cinta, Ini Sebabnya

Ternyata pria lebih terluka daripada wanita saat putus cinta

Liputan6.com, Jakarta Perpisahan benar-benar dapat menghancurkan hati wanita. Tetapi sekelompok peneliti baru-baru ini mengetahui bahwa pria bisa lebih hancur daripada pasangan wanita mereka setelah berpisah.

Pria juga lebih emosional ketika membicarakan sakit hati mereka (ya, mereka juga membicarakannya.) Dan kesimpulan menarik ini adalah bagian dari studi hubungan yang dilakukan oleh para psikolog.

Untuk pengumpulan data mereka, para ilmuwan meninjau posting lebih dari 184.000 orang di Reddit (forum diskusi online besar-besaran) khususnya di komunitas berlabel “r/relationships.”

Pria lebih cenderung mencari bantuan hubungan secara online

Temuan mereka mengungkapkan bahwa sekitar 55% dari pengguna yang meminta bantuan untuk masalah cinta mereka adalah pria, sementara hanya sekitar 45% adalah wanita.

Hasil juga mengungkapkan bahwa "sakit hati" adalah tema paling umum di postingan. Topik lain seperti waktu, kualitas pribadi, masalah kepercayaan, dan keintiman juga dibahas dalam forum.

Para peneliti percaya bahwa anonimitas pada platform membantu pria dengan bebas mengekspresikan emosi mereka.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Adanya stereotip

Stereotip maskulinitas yang ketinggalan zaman, atau gagasan bahwa "anak laki-laki tidak menangis," entah bagaimana memengaruhi cara pria menangani perasaan mereka.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu pengguna Reddit di forum yang berbeda, “Laki-laki tidak seharusnya mengungkapkan kesedihan atau putus asa, jadi kami biasanya menyimpannya untuk diri kami sendiri karena kami harus melakukannya. Tidak ada teman kami yang ingin mendengar tentang betapa menyebalkannya dan kami berharap kami bisa melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda, dll.”

Tim mengatakan bahwa "sifat anonim, nyaman, dan dapat diakses secara luas" dari Reddit memungkinkan para pria (yang sebagian besar adalah pria muda) untuk membuka jiwa mereka.

Wanita, di sisi lain, lebih cenderung mencari bantuan tatap muka atau pergi ke terapi.

 

 

3 dari 6 halaman

Pria lebih emosional tentang sakit hati mereka dibandingkan dengan wanita

Berdasarkan data ilmiah tim, pria mendiskusikan topik yang meliputi sakit hati, berkencan, berpesta, dan kualitas pribadi.

Sementara itu, para wanita berbicara lebih banyak tentang keprihatinan mereka dalam hal penganiayaan, keuangan, jarak, dan pekerjaan rumah.

Charlotte Entwistle, penulis utama studi tersebut, mengatakan, "Fakta bahwa tema sakit hati lebih sering didiskusikan oleh pria menekankan bagaimana pria paling tidak terpengaruh secara emosional oleh masalah hubungan seperti wanita."

Para peneliti juga mengamati bahwa sebagian besar anak laki-laki mencari dukungan saat masalahnya masih dalam tahap awal. Anak perempuan, di sisi lain, cenderung meminta bantuan ketika krisis sudah parah.

 

 

4 dari 6 halaman

Perbedaan pria dan wanita dalam hubungan asmara

Pria tampaknya lebih percaya diri dalam hubungan mereka daripada wanita.Bahasa yang digunakan oleh masing-masing gender juga mengungkapkan pola-pola tertentu.

Wanita dilaporkan menggunakan lebih banyak bahasa yang berfokus pada diri sendiri (kata-kata "saya") dan memiliki lebih banyak emosi negatif dalam posting mereka.

Hal ini membuat mereka percaya bahwa sebagian besar wanita berada dalam keadaan keterikatan yang sibuk — gaya keterikatan yang ditandai dengan keraguan dalam diri seseorang, biasanya mengakibatkan rasa tidak aman dan kecemasan.

 

5 dari 6 halaman

Pria lebih mengutamakan emosi positif

Sebaliknya, pria lebih banyak menggunakan kata ganti “kami”, ditambah dengan kata afiliasi dan emosi positif. Tanda-tanda yang konsisten dengan keadaan keterikatan yang aman, yang melibatkan kepercayaan dan perasaan positif tentang hubungan tersebut.

Namun, penting juga untuk dicatat bahwa pengguna yang diidentifikasi dengan status lampiran yang menolak — atau mereka yang tidak menghargai hubungan — sebagian besar adalah laki-laki.

 

6 dari 6 halaman

Perbaikan terhadap stigma negatif tertentu tentang laki-laki

Peneliti utama Dr. Ryan Boyd percaya penelitian ini menantang gagasan umum tentang perbedaan gender dalam hubungan heteroseksual.

Dia berkata, "Ketika Anda menghapus stigma sosial tradisional terhadap laki-laki untuk mencari bantuan dan berbagi emosi mereka ... mereka tampak seperti diinvestasikan dalam bekerja melalui patch kasar dalam hubungan mereka sebagai perempuan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.