Sukses

Dapatkah subvarian Omicron BA.2 Sebabkan Penyakit Serius? Ini Penjelasan Ahli

Sebuah studi baru telah mengungkapkan bahwa mereka yang telah terinfeksi Covid-19 Omicron subvarian BA.1 lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi BA.2. subvarian.

Liputan6.com, Jakarta Ada sebuah kabar baik mengenai Omicron. Sebuah studi baru telah mengungkapkan bahwa mereka yang telah terinfeksi Covid-19 Omicron subvarian BA.1 lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi BA.2. subvarian. 

Ini karena versi BA.1 dari varian virus corona Omicron memberikan perlindungan yang kuat terhadap yang terakhir. Studi ini juga menunjukkan bahwa BA.2 yang beredar luas tidak mungkin menyebabkan gelombang besar infeksi di negara-negara yang telah menyaksikan puncak Omicron yang dipimpin oleh subvarian yang diidentifikasi sebelumnya.

Dilansir dari Livemint, Troels Lillebaek, seorang ahli epidemiologi molekuler di Institut Serum Negara di Kopenhagen, dan timnya memeriksa daftar medis Denmark untuk mengetahui apakah infeksi ulang oleh subvarian BA.2 dapat menyebabkan penyakit serius.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peningktan kekebalan

Mereka melihat subvarian BA.2 telah berkembang biak di Denmark sejak awal tahun ini, dan saat ini mencakup sekitar 88% dari semua kasus virus corona. Namun gelombang BA.1 yang mendahului BA.2 menawarkan perlindungan.

Ada peningkatan kekebalan saat ini yang bisa mencegah bencana,” kata Lillebaek, seperti dikutip jurnal ilmiah Nature.

Jika BA.2 tiba di komunitas terlambat, ketika gelombang Omicron BA.1 hampir berakhir, kekebalan oleh infeksi Omicron dan/atau dengan meningkatkan kemungkinan akan mencegah BA.2 mendorong gelombang Omicron kedua,” kata Sarah Otto, seorang ahli biologi evolusioner di University of British Columbia di Vancouver, dan rekan Lillebaek untuk Nature.

3 dari 5 halaman

Vaksin memberikan sejumlah perlindungan terhadap BA.2.

Dalam berita baik lainnya, penelitian ini juga menunjukkan bahwa vaksin memberikan sejumlah perlindungan terhadap Omicron termasuk BA.2. Studi, yang diterbitkan di server pracetak medRxiv, tetapi belum ditinjau oleh rekan sejawat.

4 dari 5 halaman

Kemungkinan tidak ada risiko infeksi ulang

Mengenai topik tersebut, pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa tidak ada perbedaan dalam risiko infeksi ulang, ketika keturunan BA.1 dan BA.2 dibandingkan.

Jika ada peningkatan, itu berarti infeksi ulang kemungkinan akan terjadi dan karena kita tidak melihat itu, itu pertanda baik,” kata Maria Van Kerkhove dari WHO.

5 dari 5 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • Apa

  • BA.2