Sukses

Lebih Banyak Anak yang Dirawat di RS Selama Gelombang Omicron Dibandingkan Delta

Anak-anak hampir empat kali lebih mungkin dirawat di rumah sakit selama lonjakan varian Omicron COVID-19 dibandingkan dengan yang disebabkan oleh Delta.

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak hampir empat kali lebih mungkin dirawat di rumah sakit selama lonjakan varian Omicron COVID-19 dibandingkan dengan yang disebabkan oleh Delta, menurut laporan baru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Laporan tersebut memeriksa data rawat inap dari Amerika Serikat dari saat Delta dominan (yang ditetapkan CDC antara 1 Juli hingga 18 Desember) dan saat Omicron dominan (19 Desember 2020 hingga 22 Januari 2022).

Dilansir dari Euronews, studi ini menemukan bahwa selama minggu puncak Omicron, 7,1 anak per 100.000 dirawat di rumah sakit setiap minggu dengan komplikasi terkait COVID-19 dibandingkan dengan 1,8 per 100.000 selama minggu puncak Delta.

Sementara itu sejak vaksin COVID-19 disetujui, ada perdebatan tentang manfaat vaksinasi anak-anak yang tidak memiliki kondisi medis yang mendasarinya karena kemungkinan mereka mengembangkan penyakit parah akibat COVID-19 cukup rendah, dan beberapa berpendapat bahwa ini harus dilakukan seimbang terhadap potensi efek samping vaksin.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peningkatan tingkat rawat inap terbesar pada balita

Namun CDC menyatakan, "Strategi untuk mencegah COVID-19 di antara anak-anak dan remaja, termasuk vaksinasi orang yang memenuhi syarat, sangat penting".

Peningkatan tingkat rawat inap terbesar di antara kelompok mana pun dalam kategori di bawah 18 terlihat pada mereka yang berusia antara 0-4 tahun, yang tidak memenuhi syarat untuk vaksin COVID-19 di Amerika Serikat dengan 15,6 rawat inap mingguan per 100.000 dibandingkan dengan 2,9 selama gelombang Delta .

3 dari 5 halaman

Tingkat rawat inap jauh lebih rendah pada remaja yang divaksinasi

Tingkat rawat inap jauh lebih rendah pada remaja yang divaksinasi daripada mereka yang tidak divaksinasi, menurut penelitian CDC. Remaja lebih dari enam kali lebih mungkin dirawat di rumah sakit karena komplikasi terkait Covid-19 daripada remaja yang telah menerima vaksin Covid-19, dengan 23,5 remaja yang tidak divaksinasi dirawat di rumah sakit setiap minggu per 100.000 dibandingkan dengan 3,8 per 100.000 yang divaksinasi.

Pada 31 Desember 2021, 54 persen dari populasi berusia 12-17 tahun dan 16 persen dari mereka yang berusia 5-11 tahun telah menyelesaikan serangkaian vaksinasi primer COVID-19,” kata CDC.

Meningkatkan cakupan vaksinasi di antara kedua kelompok usia dapat mengurangi rawat inap terkait COVID-19”.

4 dari 5 halaman

Tidak ada perbedaan antara Omicron dan Delta

CDC mencatat bahwa tidak ada perbedaan yang ditemukan antara periode dominan Delta dan Omicron dalam proporsi rawat inap yang kemungkinan terkait dengan COVID-19.

Studi tersebut juga mengatakan bahwa penerimaan insidental, orang-orang yang berada di rumah sakit karena alasan yang tidak terkait dengan COVID-19 dan kemudian dites positif saat berada di rumah sakit, tidak memperhitungkan peningkatan tingkat rawat inap selama Omicron.

5 dari 5 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.