Sukses

4 Resep Praktis untuk Meningkatkan Mood dan Kesehatan Mental Anda

Berikut beberapa resep untuk meningkatkan mood dan kesehatan mental

Liputan6.com, Jakarta Topik kesehatan mental menjadi sesuatu yang lebih sering dibicarakan belakangan ini. Terlebih di masa pandemi, di mana banyak orang yang jatuh ke jurang depresi akibat ketidakpastian akan masa depan.

Tidak dapat dipungkiri, makanan yang dikonsumsi dapat memengaruhi mood dan kesehatan mental seseorang. Karena itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi untuk meningkatkan kesehatan mental.

Biasanya, Anda cenderung makan berlebihan dengan sekotak cokelat atau sebotol es krim saat Anda merasa rendah diri. Menemukan kenyamanan dalam makanan berbasis pilihan Anda baik-baik saja, tetapi pada akhirnya itu juga kemungkinan akan membuat Anda merasa lebih buruk dan sakit di atas semua itu, setelah gula tinggi hilang.

Padahal, ada makanan tertentu yang memiliki kekuatan untuk meredakan suasana hati yang buruk dan meningkatkan kesehatan mental Anda. Berikut adalah 4 resep ajaib yang enak, bergizi, dan memiliki kekuatan untuk membuat Anda merasa lebih baik.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Blueberry and nut oat bake

Buah beri itu mungkin berwarna biru, tetapi mungkin membuat Anda tidak merasa seperti itu. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, blueberry membantu mengaktifkan sel-sel otak dan dikaitkan dengan suasana hati yang lebih positif.

Yang perlu Anda lakukan adalah tuang oat, baking powder, 1 sendok teh kayu manis, dan garam dalam mangkuk. Kocok susu, yogurt, telur, sirup maple, minyak kelapa, dan vanila bersama-sama dalam mangkuk besar.

Campur semuanya menjadi satu dan aduk rata. Panggang selama 35 menit, sampai bagian atasnya berwarna keemasan dan oatnya matang. Sajikan apa adanya atau di atasnya tuang susu, yogurt Yunani, atau sirup maple.

 

3 dari 5 halaman

2. Avocado toast

Alpukat adalah makanan super yang kaya akan vitamin B yang menghilangkan stres dan juga sehat untuk jantung Anda. Alpukat lembut yang dioleskan ke roti yang dipanggang dengan baik adalah salah satu makanan cepat saji yang paling mudah.

Untuk memulainya, yang Anda butuhkan hanyalah roti dan alpukat matang. Panggang roti Anda berwarna cokelat keemasan dan haluskan alpukat secara terpisah. Potong menjadi dua dan ambil dagingnya ke piring dan haluskan dengan garpu.

Oleskan di atas roti panggang dan roti panggang Anda sudah siap. Anda mungkin ingin menambahkan garam, rempah-rempah atau bawang putih, sesuai dengan preferensi Anda sendiri.

 

4 dari 5 halaman

3. Green Smoothie

Smoothie hijau manis alami ini mengandung banyak bahan bergizi seperti biji rami, almond, dan bayam. Penambahan pisang menyediakan sumber asam amino triptofan yang baik, yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi serotonin, juga dikenal sebagai "bahan kimia bahagia" karena berkontribusi pada kebahagiaan dan kesejahteraan mental. Cukup campur semua bahan secara bertahap untuk menghindari potongan daun dan smoothie super Anda siap dalam beberapa menit.

 

5 dari 5 halaman

4. Stir-fried broccoli with coconut

Kaya akan magnesium, hidangan sayuran berbumbu memiliki rasa yang gurih. Yang perlu Anda lakukan adalah, panaskan minyak dalam wajan dan masukkan biji sawi diikuti dengan daun kari (jika Anda menggunakan daun kari kering tambahkan kemudian dengan brokoli) dan serpihan cabai.

Aduk semuanya lalu tambahkan bawang bombay dan jahe dan goreng selama 3-4 menit. Tambahkan brokoli ke dalamnya dan taburkan kelapa dari atasnya. Aduk-aduk agar tercampur dan menambah rasa dengan topping perasan jeruk nipis. Makanan Anda siap disajikan dan meningkatkan mood Anda.

Kami harap Anda akan mencoba resep ini. Untuk membuat penyesuaian gaya hidup sehat, Anda bisa berada di jalur yang baik menuju kesehatan mental yang lebih baik dalam jangka panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.