Sukses

Varian Covid-19 Baru Diprediksi Akan Selalu Ada dan Bisa Lebih Buruk daripada Omicron

Ahli memperingatkan adanya varian Covid-19 baru di masa depan dan mereka diprediksi bisa lebih parah daripada Omicron.

Liputan6.com, Jakarta Penasihat kesehatan masyarakat pemerintah Inggris telah memperingatkan adanya varian Covid-19 baru di masa depan dan mereka diprediksi bisa lebih parah daripada Omicron.

Berbicara pada konferensi pers di Downing Street, Profesor Sir Chris Whitty, mengatakan dia memperkirakan varian baru akan muncul di masa depan. Beberapa di antaranya dapat menyebabkan masalah signifikan.

Sementara itu, Sir Patrick Vallance, dokter, ilmuwan, dan ahli farmakologi klinis Inggris yang telah bekerja di bidang akademis dan industri, mengatakan kepada publik bahwa pandemi masih jauh dari selesai dan memprediksi bahwa akan ada lebih banyak varian dan mereka bisa lebih parah.

Sir Patrick yang juga merupakan kepala penasihat ilmiah pemerintah mengatakan virus corona akan terus berkembang selama beberapa tahun ke depan. Dia juga menambahkan tidak ada jaminan varian berikutnya akan memiliki tingkat keparahan yang lebih rendah seperti varian Omicron.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Musim dingin menjadi masa yang paling rumit

Dia menambahkan bahwa melindungi orang-orang yang paling rentan di masyarakat sangat penting, dan mengatakan tahun depan atau lebih adalah periode evolusi yang cukup tidak stabil.

Sementara itu, Sir Chris mengatakan musim dingin berikutnya juga dapat melihat kombinasi Covid, flu, dan masalah pernapasan lainnya, yang menyebabkan para ahli kesehatan masyarakat memperkirakan musim dingin menjadi rumit bahkan tanpa varian baru.

3 dari 7 halaman

Wajib mengenakan masker

Dia menekankan bahwa orang-orang disarankan untuk terus mengisolasi diri jika mereka memiliki Covid-19, mirip dengan saran kesehatan masyarakat tentang penyakit lain seperti norovirus.

Dia juga mengatakan mengenakan masker wajah di tempat-tempat umum yang ramai tetap menjadi saran yang masuk akal dan pragmatis yang dia mohon untuk terus diikuti semua orang.

4 dari 7 halaman

Rencana hidup berdampingan dengan Covid

Sebelumnya pada hari Senin, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan rencana agar masyarakat dapat hidup berdampingan dengan Covid di House of Commons. Dia juga menyatakan keprihatinan tentang varian baru selama pidatonya kepada anggota parlemen, mengatakan mungkin ada kebangkitan yang signifikan di masa depan.

5 dari 7 halaman

Semua pembatasan domestik berakhir

Boris Johnson mengumumkan berakhirnya semua pembatasan domestik yang sah di Inggris. Ini termasuk menghapus persyaratan hukum bagi orang yang dites positif untuk mengisolasi diri mulai Kamis. Sementara itu, testing gratis akan berakhir di Inggris mulai 1 April.

6 dari 7 halaman

Keberhasilan program testing

Menjelaskan alasannya di balik langkah tersebut, Johnson memuji keberhasilan program testing, tetapi mengatakan anggaran pada tahun keuangan terakhir lebih besar daripada anggaran Kementerian Dalam Negeri, dengan biaya £2 juta pada bulan lalu saja.

Ini katanya, dikombinasikan dengan tingkat keparahan Omicron yang berkurang dan tingkat kekebalan yang tinggi, telah berperan dalam keputusannya untuk mengurangi pengujian simtomatik dan asimptomatik gratis.

7 dari 7 halaman

Infografis Gejala Covid-19 Omicron dan Cara Penanganan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Apa

  • virus corona