Sukses

Subvarin Baru Omicron BA.2 yang Lebih Menular Mulai Menyebar di AS

BA.2 adalah subvarian dari varian omicron yang sangat menular yang tampaknya menyebar sekitar 30% lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika lonjakan Omicron terus menurun di AS, para ahli penyakit menular mengawasi dengan cermat versi varian yang lebih menular yang sekali lagi dapat menggagalkan harapan negara untuk kembali normal.

Dilansir dari NPR.org, Rabu (23/2/2022), virus yang dikenal sebagai BA.2, adalah subvarian dari varian Omicron yang sangat menular yang tampaknya menyebar sekitar 30% lebih mudah.

Karena BA.2 dengan cepat mengambil alih Omicron asli yang berasal dari Afrika Selatan dan negara-negara lain dan bahkan menyebabkan lonjakan Omicron kedua di Denmark, para peneliti telah bersiap untuk hal yang sama terjadi di AS.

"Banyak dari kita berasumsi bahwa itu akan dengan cepat lepas landas di Amerika Serikat seperti yang terjadi di Eropa dan menjadi varian dominan baru," kata Nathan Grubaugh, seorang profesor epidemiologi di Yale School of Public Health. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

BA.2 Perlahan Terus Menyebar

Sejauh ini, itu belum terjadi. Sebaliknya, BA.2 perlahan tetapi terus menyebar bahkan ketika gelombang Omicron terus menghilang. Ketakutannya adalah bahwa penyebaran mungkin berada di jalur untuk mempercepat dengan cepat dalam waktu dekat.

BA.2 sekarang telah ditemukan dari negara ke negara lain dan menyumbang sekitar 3,9% dari semua infeksi baru secara nasional, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit federal. Ini juga tampaknya berlipat ganda dengan cepat.

3 dari 6 halaman

Dikhawatirkan Gelombang Lain COVID-19 Akan Datang di AS

"Jika naik dua kali lipat lagi menjadi 8%, itu berarti kita memasuki fase pertumbuhan eksponensial dan kita mungkin menatap gelombang lain COVID-19 yang datang di AS," kata Samuel Scarpino, direktur manajer pengawasan patogen di Rockefeller.

"Dan itu tentu saja yang sangat kami khawatirkan. Kami semua berada di ujung kursi kami," katanya.

4 dari 6 halaman

Banyak Orang Memiliki Kekebalan dari Infeksi Sebelumnya

Beberapa ahli berpikir tidak mungkin BA.2 akan memicu lonjakan baru yang besar karena begitu banyak orang memiliki kekebalan dari infeksi sebelumnya dan vaksinasi pada saat ini.

"Hal yang paling mungkin yang akan terjadi adalah bahwa hal itu mungkin memperlambat penurunan kasus. Tapi itu mungkin tidak akan mengarah ke gelombang kasus baru," kata Grubaugh.

5 dari 6 halaman

Banyak Menyebabkan Kematian

Omicron masih menginfeksi lebih dari 100.000 orang dan menyebabkan kematian sekitar 2.000 orang setiap hari di AS. Jadi, meskipun BA.2 tampaknya tidak membuat orang lebih sakit daripada Omicron asli, memperlambat penurunan kasus baru akan menyebabkan masalah yang lebih serius. 

Dan menambah kekhawatiran, salah satu perawatan antibodi yang tersisa untuk Covid-19 mungkin kurang efektif melawan BA.2, menurut penelitian terbaru.

"Akan ada banyak orang yang jatuh sakit dan berakhir dengan respirator dan meninggal karena BA.2," kata Dr. Jeremy Luban, ahli virologi di University of Massachusetts Medical School, terutama di antara jutaan orang yang masih belum sembuh dan divaksinasi.

6 dari 6 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron

  • Apa

  • BA.2