Sukses

5 Cara Menyelamatkan Pernikahan Pasca Pasangan Ketahuan Selingkuh

Untuk orang yang masih ingin bertahan dalam situasi ini, dan mau menyelamatkan pernikahan yang sempat retak karena adanya perselingkuhan.

Liputan6.com, Jakarta - Penghianatan bisa terjadi oleh siapa saja, meski Anda seorang setia sekalipun. Harus diakui bahwa perselingkuhan lebih handal mencari celah untuk bisa masuk kedalam hubungan asmara, terutama pernikahan.

Kasus perselingkuhan memang tidak dapat ditoleransi begitu saja. Hari-hari bahagia bersama pasangan mungkin akan sirna saat perselingkuhan memasuki hubungan rumah tangga.

Namun ternyata, masih banyak individu yang memilih tetap dalam situasi seperti itu. Alih-alih berpisah, mereka (korban perselingkuhan) lebih suka mencari cara untuk membangun kembali apa yang telah rusak sebelumnya.

Jika Anda dalam posisi yang sama, mungkin cara ini dapat bantu memperbaiki keretakan pernikahanmu yang sudah terlanjur terjadi, seperti dilansir dari Pinkvilla.com, Selasa (22/2/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pastikan mereka putus hubungan agar perselingkuhan tidak berlanjut

Langkah utama yakni pastikan mereka putus hubungan dengan sungguh-sungguh. Selain itu, Anda juga perlu memastikan agar pasanganmu terhindar dari godaan untuk yang kedua kali. Karena risiko kedua sudah dapat dipastikan memiliki risiko lebih besar terhadap kehancuran hubunganmu.

Pastikan kembali bahwa pasanganmu benar-benar memutuskan semua kontak dan memblokirnya, sehingga Anda dapat fokus memulihkan serta membangun kembali hubungan kepercayaan dengan pasangan.

3 dari 6 halaman

2. Pastikan dia tobat dari selingkuh

Lihat tanda yang diberikan oleh pasanganmu. Berikan waktu agar dia bisa membuktikan dan menyudahi perselingkuhannya.

Anda pun bisa mengamati apakah rasa menyesal dan jera yang dia tunjukkan tulus atau tidak. Jika hasilnya tidak ada, kemungkinan pasangan Anda akan selingkuh kembali suatu saat nanti.

4 dari 6 halaman

3. Cari tahu alasan mengapa itu bisa terjadi

Meski ini menyakitkan, tapi Anda perlu mencari tahu alasan mengapa itu bisa terjadi. Apa yang menyebabkan godaan tersebut? Apa yang merusak pernikahan? Dan minta pada pasangan Anda untuk terbuka tentang apa yang disuka atau tidak. 

Jika penghianatan terjadi lagi, mungkin lebih baik Anda menjauh dari hubungan tersebut.

5 dari 6 halaman

4. Berikan kepecayaan pada pasangan Anda sedikit demi sedikit

Dukung pasanganmu yang sudah mulai memperbaiki hubungan setelah berselingkuh. Sebagai korban, memang terjebak dalam situasi seperti ini akan sulit.

Tapi bantulah pasanganmu, buka kembali kenangan indah, ajak dia menghabiskan waktu berpergian, utarakan sedikit kegelisahan dan kesedihan yang Anda rasakan. Tumbuhkan kembali rasa cinta dan kasih sayang di antara kalian.

6 dari 6 halaman

5. Coba untuk maafkan pasanganmu dan jangan pernah mengungkit masalah perselingkuhan lagi

Jika Anda memang ingin bertahan dalam kondisi berat ini, cobalah untuk memaafkan pasanganmu. Dengan memaafkan, mungkin Anda akan lebih mudah menjalani hari-hari bersamanya.

Jika sudah bisa memaafkan maka jangan mengungkit kesalahannya kembali. Anda harus konsisten dengan ucapan maaf tersebut, saat Anda coba mengungkit atau mengorek masalah yang telah lalu, itu sama seperti Anda merakit bom waktu yang dapat meledak kapan pun.

Bertahan sesuai kemampuan sebelum memutuskan kisah akhir dari hubungan Anda. Pikirkan kembali hubunganmu, masihkah pantas untuk berakhir bahagia, atau cukup dan berhenti sampai di sini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.