Sukses

6 Tanda Stres yang Sering Tidak Anda Sadari

Banyak dari kita tidak menyadari jika tengah mengalami stres.

Liputan6.com, Jakarta - Stres tentu lumrah dialami siapa saja. Pemicunya pun bermacam-macam, mulai dari masalah ekonomi, masalah pribadi dan pekerjaan.

Sayangnya, banyak dari kita tidak menyadari jika tengah mengalami stres. Namun, tubuhmu tidak pernah berbohong, bahkan akan memberikan sinyal jika Anda sedang tidak baik-baik saja.

Padahal stres berlebih bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Perasaan ini juga bisa membuat individu merasa mudah lelah, tidak produktif, atau kehilangan motivasi untuk bekerja.

Untuk itu, ketahui beberapa sinyal yang diberikan tubuhmu bahwa Anda sedang stres, seperti melansir dari Bright Side, Senin (21/2/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Anda menggertakkan gigi

Penyebab terbesar menggertakkan gigi adalah stres. Jika Anda mendapati dirimu menggigit atau mengatukan gigi secara tidak sadar di siang hari atau saat tidur, itu bisa menjadi tanda Anda sedang stres.

Salah satu tanda bahwa Anda melakukan kebiasaan ini adalah rahang yang sakit keesokan paginya.

Jika Anda mengalaminya, sebaiknya gunakan pelindung mulut untuk melindungi gigimu atau mengikuti terapi.

 

3 dari 7 halaman

2. Selalu berkeringat

Berkeringat terjadi karena berbagai alasan, seperti berolahraga, suhu tinggi, atau ketika otakmu merasakan ancaman. Namun, jika Anda terus-menerus berkeringat, itu menjadi pertanda bahwa Anda terlalu cemas.

 

4 dari 7 halaman

3. Rambut lebih rontok dari biasanya

Menemukan lebih banyak rambut di kamar mandi atau di sisirmu menjadi tanda stres tersembunyi.

Gejolak emosi bisa mengganggu fase pertumbuhan siklus rambut. Bahkan jika tidak ada hal buruk yang terjadi baru-baru ini, ingatlah kerontokan rambut biasanya tertunda. 

Jadi, Anda akan mengalami kerontokan rambut 6-12 minggu setelah peristiwa yang membuatmu stres.

 

5 dari 7 halaman

4. Muncul bintik atau bercak merah

Jika Anda tidak mengalami alergi tapi muncul bintik merah seperti jerawat, Anda berarti mengalami roller coaster emosional. 

Terlebih lagi, Anda bahkan bisa memiliki bintik-bintik merah di area mulutmu karena stres.

Anda sangat terpengaruh secara emosional sehingga tubuhmu melepaskan beberapa bahan kimia yang mengubah respons tubuhmu terhadap fungsi lainnya.

 

6 dari 7 halaman

5. Mata berkedut sepanjang waktu

Stres bisa memberikan sinyal yang tidak biasa ke otak dan otot wajahmu. Akibatnya, matamu akan berkedut tak terkendali. 

Kedutan ini akan berlangsung selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

 

7 dari 7 halaman

6. Mulut selalu kering

Jika Anda terus-menerus haus dan tidak makan apa pun yang asin, coba perhatikan kesehatan emosionalmu. Periode stres yang berkepanjangan akan memblokir kelenjar ludahmu, meninggalkanmu dengan mulut kering. 

Itu juga akan membuatmu kesulitan menelan karena dehidrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.