Sukses

Orang Tua, Kenali Gejala Omicron Ini yang Terlihat pada Anak-Anak

Berikut gejala Omicron yang dapat terlihat pada anak-anak

Liputan6.com, Jakarta Ketika dunia terus berusaha mengatasi Omicron dan memahami apa gejalanya, orang-orang telah berbicara dan berbagi dengan cemerlang tentang pengalaman mereka dengan virus.

Pertukaran informasi telah membantu mengumpulkan gambaran tentang gejala Covid-19 sementara penelitian yang tepat dari para ilmuwan sedang berlangsung.

Ini juga meluas ke orang tua yang peduli yang ingin berbagi apa yang mereka temukan pada anak-anak mereka dan untuk membantu orang lain mengenali tanda-tanda Omicron lebih awal.

Menurut laporan Manchester Evening News (MEN), menggunakan halaman Facebook mereka "Manchester Family", MEN telah meminta orang tua untuk berbagi bagaimana virus telah mempengaruhi anak-anak mereka.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Covid-19 Varian Omicron memengaruhi anak dengan cara berbeda

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah betapa berbedanya tanggapan antara pengalaman keluarga - sementara beberapa anak memiliki sedikit atau tanpa gejala, yang lain tampak cukup parah terpapar virus tersebut.

Jumlah rawat inap di antara bayi telah meningkat selama gelombang Omicron, meskipun para ahli masih mengatakan bahwa sebagian besar kasus sangat ringan dan orang tidak perlu panik.

 

3 dari 5 halaman

Gejala umum

Gejala paling umum yang dilaporkan di halaman Facebook adalah pilek, suhu, dan sakit kepala.

Lebih dari 50 orang tua mengatakan anak-anak mereka menderita sakit kepala, 48 orang mengatakan demam atau suhu tubuh tinggi, dan 46 orang melaporkan gejala seperti pilek atau pilek.

Tiga puluh tiga orang tua juga menghubungi dengan mengatakan bahwa anak mereka kelelahan atau bahwa anak mereka tidak memiliki energi dan umumnya mengantuk.

 

4 dari 5 halaman

Batuk dan sakit perut

Batuk dilaporkan di lebih dari dua lusin kasus, dan sementara itu ringan untuk beberapa orang, yang lain memiliki waktu yang lebih sulit dengan jumlah yang sama yang mengidentifikasi sakit tenggorokan.

Sakit dan sakit perut juga muncul di antara tanggapan, seperti halnya hilangnya nafsu makan dan rasa (atau rasa makanan yang aneh). Punggung dan kaki yang pegal, serta nyeri otot secara umum, juga ditandai.

Beberapa anak juga mengalami diare atau sakit perut, kulit pucat, mata merah atau bersin.

 

5 dari 5 halaman

Tingkat keparahan masih tergolong rendah

Data yang dipublikasikan Scientific Advisory Group atau SAGE pada 14 Januari menyebutkan, pada gelombang sebelumnya sekitar 30% anak-anak yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 berusia di bawah satu tahun. Antara pertengahan Desember 2021 dan Januari, jumlah ini naik menjadi 42%.

Meskipun demikian, mereka mengatakan tingkat keparahannya masih rendah, dengan SAGE mengatakan: "Untuk sejumlah kecil anak-anak yang dirawat di rumah sakit, lama rawat inap biasanya pendek dan tempat mereka menginap seringkali memungkinkan untuk skrining infeksi lain."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron

  • anak-anak