Sukses

Cara Mudah Turunkan Berat Badan Kata Ahli Gizi: Jangan Tinggalkan Sarapan

Kebiasaan sarapan membuat program diet Anda jauh lebih sukses dari sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Usaha paling mudah untuk menurunkan berat badan adalah dengan tidak meninggalkan sarapan. Menurut Kim Rose, seorang ahli gizi asal Floridas sebagaimana dilaporkan oleh Eatthis.com, sarapan yang teratur akan membantu metode diet menjadi lebih efektif.

 

Sebaliknya, saat orang coba meninggalkan sarapan, itu sama saja Anda dengan suka rela membiarkan lemak bersarang ditubuh dan terus menumpuk hari demi hari.

“Banyak klien saya berfikir melewatkan sarapan dan makan siang dengan porsi sedikit adalah cara baik untuk diet, padahal itu hanya mempersulit penurunan berat badan, mereka akan lapar pada saat malam,” kata Rose.

Ia pun menerapkan dan mendidik kliennya tentang seberapa penting sarapan seimbang dalam membantu menurunkan berat badan. Tak diduga, kebiasaan sarapan telah membuat program diet mereka jauh lebih sukses dari sebelumnya.

“Meskipun sarapan dengan banyak karbohidrat, Anda tetap mudah mengubah atau membakar kalori tersebut menjadi energi dengan aktifitas pagi hingga sore hari.  Itu tak akan bisa saat Anda meninggalkan sarapan dan menggantinya jadi makan malam, Anda hanya tidur,” jelas Rose.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan mengapa sarapan dapat menurunkan berat badan

Jika Anda melewatkan sarapan maka metabolisme akan benar-benar melambat untuk bisa menghemat energi. Dalam keadaan tersebut, tubuh akan menolak untuk diajak bergerak apalagi berolahraga.

Jadi, atur sarapan Anda satu jam setelah bangun tidur agar tubuh mampu menjalani aktifitas fisik dengan baik.

Dengan sarapan, aktifitas olahraga pun akan mampu Anda lakukan dengan semangat.

3 dari 4 halaman

Pilih menu makanan sehat dan seimbang

Sarapan dapat diartikan sebagai bahan bakar untuk mengisi kebutuhan tubuh dan otak seseorang, sehingga pemilihan menu menjadi sangat penting apalagi bagi Anda yang melakukan program diet.

Pilih menu sarapan seimbang yang mencakup tiga makronutrien, yaitu berupa protein, lemak dan karbohidrat. Nah, jenis makanan itu ada pada telur, kentang, pisang, oat, alpukat, ikan, yogurt, keju dan lainnya.

4 dari 4 halaman

Bagaimana jika tidak sempat menyiapkan sarapan?

Cukup rebus setengah lusin telur pada hari minggu, lalu simpan telur tersebut dalam lemari pendingin, dengan begitu Anda sudah memiliki sarapan untuk satu minggu penuh.

Anda juga bisa menyiapkan beberapa jus buah atau smoothie yang awet disimpan dalam lemari pendingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini