Sukses

Gejala Awal Omicron yang Perlu Diwaspadai, Termasuk Pusing dan Kelelahan

Ada beberapa gejala yang paling umum dari Omicron pada orang yang divaksinasi lengkap,

Liputan6.com, Jakarta - Varian baru Covid-19 Omicron telah menyebar di berbagai negara dan membuat pandemi tak kunjung berakhir. Pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan dan Hong Kong pada November 2021, Omicron segera dikonfirmasi sebagai varian dominan di di berbagai negara kini.

Meskipun Omicron memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi daripada Delta, ada lebih sedikit kematian dan rumah sakit dengan varian ini. Di sini, kita melihat beberapa gejala yang paling umum dengan varian baru Omicron pada orang yang divaksinasi lengkap, dan dua tanda peringatan dini yang mungkin Anda miliki.

Dilansir dari The Independent, Jumat (18/2/2022), peneliti di Norwegia melakukan penelitian dengan mewawancarai 111 dari 117 orang pada 26 November 2021 di mana terjadi wabah Omicron. Dari kelompok yang diwawancarai, 66 memiliki kasus definitif Covid-19 dan 15 memiliki kemungkinan kasus virus.

Dari 111 peserta, 89 persen telah menerima dua dosis vaksin mRNA dan tidak ada yang menerima suntikan booster. Menurut temuan yang diterbitkan dalam jurnal penyakit menular dan epidemiologi, Eurosurveillance, ada delapan gejala utama yang dialami oleh kelompok yang divaksinasi penuh.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Gejala Umum Omicron

Gejala tersebut termasuk batuk, pilek, kelelahan, tenggorokan sore, sakit kepala, nyeri otot, demam dan bersin. Studi tersebut menemukan bahwa batuk, pilek, dan kelelahan adalah gejala paling umum pada individu yang divaksinasi, sementara bersin dan demam paling jarang terjadi.

Pakar kesehatan masyarakat juga menambahkan mual ke daftar gejala ini pada orang yang divaksinasi yang telah tertular varian Omicron. Meskipun vaksin melindungi dari risiko virus yang lebih serius, masih mungkin untuk tertular Covid bahkan jika Anda mendapatkan suntikan booster.

3 dari 7 halaman

Mirip Flu Biasa

Sifat gejala yang ringan membuat sulit bagi orang untuk membedakan virus Omicron dan flu biasa. Tetapi, menurut Profesor Tim Spector, di balik Aplikasi Studi Gejala ZOE, sekitar 50 persen dari 'pilek baru' saat ini sebenarnya adalah Covid.

4 dari 7 halaman

Dua Gejala yang Jadi Peringatan Anda Mungkin Terinfeksi Omicron

Para ahli juga mengatakan ada dua gejala berbeda yang bisa menjadi tanda Anda telah terinfeksi Omicron yaitu kelelahan dan pusing/pingsan.

Lebih dari sekadar merasa lelah, kelelahan itu dapat diterjemahkan sebagai nyeri tubuh yang menyebabkan otot yang sakit atau lemah, sakit kepala, dan bahkan penglihatan kabur dan kehilangan nafsu makan.

5 dari 7 halaman

Kelelahan

Dr Angelique Coetzee, seorang praktisi swasta dan ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, mengatakan kepada Good Morning Britain bahwa kelelahan adalah salah satu gejala utama Omicron ketika varian itu pecah di Afrika Selatan.

Faktanya, 40 persen wanita melaporkan bahwa mereka berjuang dengan kelelahan akibat Covid dibandingkan dengan sepertiga pria, menurut jajak pendapat oleh Web MD yang menanyakan kepada pengguna seberapa sering mereka mengalami kelelahan dari 23 Desember hingga 4 Januari. 

6 dari 7 halaman

Pusing Bahkan Pingsan

Pusing atau pingsan adalah tanda kedua bahwa Anda mungkin terinfeksi Omicron. Sebuah laporan baru dari Jerman menunjukkan bahwa ada hubungan antara pingsan dan Omicron setelah dokter di Berlin menemukan bahwa Covid memicu pingsan berulang untuk pasien berusia 35 tahun yang dirawat di rumah sakit.

7 dari 7 halaman

Infografis Gejala Covid-19 Omicron dan Cara Penanganan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    gejala omicron

  • Apa