Sukses

Terungkap, Game Wordle Awalnya Dibuat sebagai Hadiah untuk Kekasih

Ternyata game Wordle awalnya dibuat oleh sang kreator sebagai hadiah untuk kekasihnya

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti pernah melihat beberapa kotak abu-abu, kuning, dan hijau yang ambigu saat Anda menggulir linimasa Anda di media sosial.

Kotak-kotak itu sebenarnya adalah hasil dari permainan bernama Wordle di mana tujuannya adalah untuk menebak kata rahasia 5 huruf.

Petunjuk datang dalam bentuk kotak hijau dan kuning yang menunjukkan apakah sebuah huruf ditemukan dalam kata rahasia atau tidak dan setiap orang hanya memiliki 6 percobaan dan 1 kata rahasia per hari.

Sederhananya, ini seperti permainan Mastermind tetapi dengan kata-kata. Menariknya, ternyata game populer itu awalnya dibuat oleh sang kreator untuk kekasihnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hadiah untuk kekasih

Menurut New York Times, aplikasi ini dibuat oleh insinyur perangkat lunak Brooklyn, Josh Wardle yang ingin membuat game untuk kekasihnya, Palak Shah.

Awalnya, ia membuat prototipe serupa dari game ini pada tahun 2013 dan menunjukkannya kepada teman-temannya, tetapi mereka tidak tertarik.

Kemudian pada 2020 selama pandemi, Palak dan Josh sangat menyukai bermain New York Times Spelling Bee dan teka-teki silang harian untuk menghabiskan waktu. Dengan itu, dia berpikir:

“Jadi saya ingin membuat permainan yang dia sukai.”

 

3 dari 5 halaman

Hadiah yang disukai kekasih

Setelah dia membuat permainan itu, dia memberikannya kepada Palak dan wanita itu sangat menyukainya. Permainan itu kemudian menyebar ke kerabat mereka dan menjadi populer dengan cepat.

Jadi, mereka memutuskan bahwa mereka akan mempostingnya untuk dimainkan dunia. Prosesnya tidak sederhana karena ada 12.000 kata lima huruf dalam bahasa Inggris.

 

 

4 dari 5 halaman

Proses penciptaan Wordle

Untuk mempersempitnya, insinyur perangkat lunak itu kemudian membuat game lain untuk Palak untuk memotong yang kata-kata yang tidak jelas. Ini membawa daftar ke 2.500 kata.

Dengan ini, mereka merilis Wordle (plesetan dari nama belakang Josh) ke dunia pada Oktober 2021. Awalnya hanya 90 orang yang memainkan game tersebut pada Oktober 2021 dan pada Januari 2022, jumlahnya meningkat menjadi 300.000 orang.

Sekarang, Wordle telah mengumpulkan lebih dari satu juta pemain harian secara global.

 

5 dari 5 halaman

Hadiah yang manis dari kekasih

Yah, satu-satunya pemain game Wordle yang penting bagi Josh adalah Palak dan wanita itu memastikan bahwa dia memainkan Wordle setiap hari. Dia juga sangat menghargai Josh karena telah membuatkan game untuknya.

“Ini benar-benar manis. Ini jelas bagaimana Josh menunjukkan cintanya.”

Sejak saat itu, game tersebut telah dijual ke New York Times dengan harga lebih dari satu juta dolar, tetapi NYT telah meyakinkan bahwa game tersebut akan gratis untuk dimainkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.