Sukses

Swedia Rekomendasikan Dosis Vaksin Keempat untuk Lansia 80 Tahun ke Atas

Badan kesehatan masyarakat Swedia merekomendasikan orang berusia 80 tahun ke atas untuk menerima dosis booster kedua dari vaksin virus corona.

Liputan6.com, Jakarta - Badan kesehatan masyarakat Swedia, merekomendasikan individu berusia 80 tahun ke atas untuk menerima dosis booster kedua dari vaksin covid-19, yang akan menjadi suntikan keempat secara keseluruhan.

Dilansir Nytimes, Rabu (16/2/2022), badan kesehatan tersebut juga memperingatkan, jika negara itu menghapus pembatasan pandeminya, virus Corona semakin menyebar di antara orang-orang yang berisiko tinggi terkena penyakit parah.

Negara ini termasuk di antara sedikit tempat yang merekomendasikan dosis keempat sebagai booster, di luar suntikan awal dan satu booster yang menurut para ahli harus diterima kebanyakan orang dewasa.

Data yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) minggu lalu menunjukkan bahwa perlindungan tambahan dari vaksin booster cenderung berkurang secara signifikan setelah sekitar empat bulan.

Ini meningkatkan kemungkinan orang-orang yang berisiko tinggi mengalami komplikasi serius atau kematian jika mereka tertular Covid-19 mungkin perlu dosis lain.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Booster Kedua

Sebelum Omicron muncul, para pejabat dan ilmuwan memperdebatkan apakah booster diperlukan atau disarankan untuk orang-orang dari berbagai usia karena sebagian besar negara mengizinkannya. 

Tetapi ada perubahan luas dalam pemikiran itu ketika Omicron, yang menghindari pertahanan kekebalan lebih baik daripada varian sebelumnya yang mengarah ke lebih banyak dukungan untuk booster.

“Kami percaya bahwa orang yang berusia 80 tahun ke atas akan mendapat manfaat dari dosis penguat kedua,” kata Anders Tegnell, kepala ahli epidemiologi di badan kesehatan masyarakat Swedia.

3 dari 4 halaman

Melindungi Terhadap Penyakit Parah

Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa mencoba memberi setiap orang suntikan lagi setiap beberapa bulan tidak realistis, dan bahwa upaya booster harus difokuskan pada orang dewasa yang lebih tua yang tampaknya mendapatkan manfaat paling banyak dari booster, dan pada orang-orang yang sangat rentan karena mereka memiliki sistem kekebalan yang lemah atau tinggal di fasilitas perawatan jangka panjang seperti panti jompo.

Banyak negara merekomendasikan agar orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah menerima tiga suntikan untuk vaksinasi awal mereka, bukan dua. Suntikan booster kemudian akan disarankan untuk orang-orang tersebut dengan dasar yang sama seperti orang yang menerima vaksinasi awal dua dosis standar.

Studi terbaru menemukan bahwa vaksinasi awal saja, tanpa booster, tetap sangat melindungi terhadap penyakit parah dan kematian pada kebanyakan orang, termasuk terhadap Omicron, meskipun efektivitasnya terhadap infeksi menurun dari waktu ke waktu.

4 dari 4 halaman

Infografis Vaksin Covid-19 Terbukti Efektif Kurangi Tingkat Kematian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.