Sukses

4 Cara Mudah Menghilangkan Milia dengan Aman

Munculnya milia di wajah tentu akan membuat rasa percaya dirimu turun.

Liputan6.com, Jakarta - Munculnya bintil-bintil di wajah tentu akan membuat rasa percaya dirimu turun. Bintil-bintil putih ini adalah milia atau bercak susu.

Milia dipenuhi dengan keratin yang terperangkap tepat di bawah kulitmu. Biasanya, bintil-bintil ini muncul di kelopak mata, pipi dan dahi.

 

Banyak yang percaya bahwa milia adalah bentuk jerawat, namun itu tidak benar, karena jerawat biasanya dipicu oleh hormon. 

Milia muncul karena beberapa faktor, mulai dari efek iritasi, paparan sinar matahari, produk perawatan kulit yang berat, penumpukan kulit mati hingga faktor genetik.

Untuk itu, ada beberapa cara mudah dan aman untuk menghilangkan milia di kulit wajah, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (15/2/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tabir surya dan pelembab

Menggunakan tabir surya dan pelembab sangat penting untuk kulit wajahmu. Kedua produk ini juga akan membantu memastikan kulitmu terlindungi, lembut dan fleksibel. Jangan lupa menggunakan tabir surya meski Anda hanya di rumah saja. 

3 dari 5 halaman

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi menjadi teknik perawatan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Teknik ini membantu kulit bebas dari iritan yang menyebabkan milia. Salah satunya menjaga agar keratin di kulit tidak dihasilkan secara berlebihan.

Coba untuk menggunakan scrub yang lembut agar tidak merusak kulit dan menimbulkan lebih banyak milia. Enyahkan sel-sel kulit matimu secara hati-hati dengan melakukan perawatan wajah yang sesuai dan tidak berlebihan.

 

4 dari 5 halaman

3. Coba produk dengan retinol

Retinol dipercaya menjadi bahan pembasmi milia. Namun, beberapa produk yang mengandung retinol bisa membuat kulit menjadi kering, jadi pilihlah produk pendukung lainnya yang lebih lembut untuk melembabkan wajah.

 

 

5 dari 5 halaman

4. Gunakan asam salisilat

Asam ini sering direkomendasikan sebagai cara untuk memerangi jerawat, dan bekerja untuk milia juga. Intinya ini bisa menipiskan lapisan kulit. Dengan cara ini, Anda bisa membasmi milia. Untuk itu, oleskan asam salisilat tepat sebelum tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.