Sukses

Doa Agar Lulus Ujian SNMPTN dan Mendapat Program Studi yang Diinginkan

Di samping berbagai usaha jangan lupa untuk berdoa agar dapat lolos seleksi SNMPTN 2022 serta mendapatkan program studi yang diinginkan.

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah dibuka sejak 14 Februari 2022. Terbatasnya daya tampung peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia membuat persaingan sangat ketat untuk lolos.

SNMPTN ini berbeda dengan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN). Pasalnya SNMPTN tidak perlu mengerjakan tes melalui ujian tertulis, tapi untuk lulus SNMPTN peserta harus memiliki nilai rapor yang baik serta memiliki prestasi tambahan atau portofolio sebagai penilaian tambahan. 

Sulitnya untuk lolos SNMPTN membuat banyak orang yang tidak beranggapan bahwa untuk bisa diterima di program studi yang diinginkan merupakan keberuntungan. Terlebih lagi jika program studi yang dipilih diminati banyak peserta.

Tentunya salah satu usaha untuk bisa lolos SNMPTN adalah dengan memaksimalkan nilai rapor. Selain itu, apabila memilih prodi yang memerlukan portofolio peserta bisa memaksimalkan isi portofolio agar menjadi penilaian lebih. 

Namun, di samping usaha itu semua, jangan lupa untuk berdoa agar diberi kemudahan dan dapat lolos seleksi SNMPTN 2022 serta mendapatkan program studi yang diinginkan. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Agar Lolos SNMPTN

Rupanya ada beberapa doa yang bisa kalian panjatkan untuk mendapatkan kemudahan dalam proses seleksi SNMPTN. 

 

Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa

Artinya,

Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah. (HR. Ibnu Hibban dari Anas bin Malik).

Allahummanfa’ni bima ‘allamtani wa ‘allimni ma yanfa’uni wa zidni ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulli halin.

Artinya,

"Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan padaku. Berilah aku ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu padaku. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu.”

3 dari 3 halaman

Batas Akhir Pendaftaran SNMPTN

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) resmi dibuka kemarin, Senin 14 Februari 2022.

Dikutip dari akun Instagram resmi LTMPT, pendaftaran SNMPTN 2022 dibuka dari 14 hingga 28 Februari 2022. Pendaftaran bisa dilakukan di laman snmptn.ltmpt.ac.id atau ltmpt.ac.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.