Sukses

5 Manfaat Mandi di Malam Hari Bagi Kesehatan

Ternyata, ada cukup banyak manfaat mandi malam hari bagi kesehatan dan penampilan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Ahli dermatologis merekomendasikan kita untuk menghabiskan sekitar 5 sampai 10 menit sehari di kamar mandi.

Sementara beberapa dari kita tidak dapat membayangkan menghadapi hari tanpa mandi pagi, yang lain lebih memilih untuk menghilangkan stres usai beraktivitas seharian dengan mandi di malam hari.

Dan meskipun waktu Anda mandi tergantung pada preferensi pribadi Anda sendiri, mereka yang memilih untuk melakukannya di malam hari sebenarnya dapat mendapat lebih banyak manfaat kecantikan dan kesehatan.

Ternyata, ada cukup banyak manfaat mandi malam hari bagi kesehatan dan penampilanmu. Dilansir dari Brightside, Selasa (15/2/2022), berikut ulasannya.

1. Membantu Anda Lebih Cepat Tidur

 

Mandi malam membuat tubuh dan pikiran Anda rileks, dan ketika Anda melakukannya pada waktu yang tepat, itu juga dapat memberi Anda waktu tidur yang lebih baik.

Mandi 90 menit sebelum tidur dengan air hangat dapat membantu Anda tertidur sekitar 10 menit lebih cepat dari biasanya. Ini terjadi karena air hangat sedikit menurunkan suhu tubuh Anda, yang pada gilirannya mengirimkan sinyal ke tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Lebih Baik untuk Kulit Anda

Mandi sebelum tidur juga dapat membantu mencegah jerawat. Rambut mengumpulkan bakteri dan penumpukan produk sepanjang hari, dan saat kepala Anda menyentuh bantal, semua kotoran ini dipindahkan ke sarung bantal Anda, dan kemudian ke wajah Anda.

Karena kulit beregenerasi saat tidur, tidur dengan kulit bersih dan segar juga berarti sel-sel kulit baru Anda akan sehat.

3 dari 5 halaman

3. Rambut Lebih Sehat

Jika Anda mencuci rambut di malam hari, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengeringkannya secara alami.

Ini, pada gilirannya, akan membuat rambut Anda berkilau lebih lama, karena membantu mengunci kelembaban. Mengeringkan rambut dengan cepat di pagi hari dapat merusak helaian rambut, membuatnya lemah dan kusam.

4 dari 5 halaman

4. Mencegah Kram Otot

Jika otot Anda terasa nyeri di sore hari setelah seharian bekerja, mandi air hangat dapat membantu meredakan sensasi yang tidak menyenangkan itu.

Saat air hangat mengenai tubuh Anda, ini membantu menenangkan ketegangan otot dan meningkatkan tidur malam yang lebih baik. Mandi air hangat juga dapat mencegah kram kaki di malam hari, suatu kondisi umum yang mempengaruhi hingga 60 persen orang.

5 dari 5 halaman

5. Melawan Keringat Berlebih

Meskipun mandi pagi adalah cara yang bagus untuk menyegarkan diri sebelum menghadapi hari, mandi di malam hari sebenarnya dapat membantu Anda mencegah bau badan.

Mandi air dingin sebelum tidur dapat membantu mengurangi keringat di malam hari yang diidap banyak individu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.