Sukses

Studi: Lakukan Ini 20 Menit Tiap Hari Dapat Perpanjang Usia

Berikut ini kebiasaan yang dapat memperpanjang usia Anda bila dilakukan rutin

Liputan6.com, Jakarta Di seluruh budaya dan sepanjang sejarah manusia, selalu ada pencarian jalan pintas menuju usia yang lebih panjang. Ilmu pengetahuan modern telah mengajarkan kita bahwa kebiasaan sehat tertentu dapat sangat membantu dalam mempromosikan umur panjang, meskipun betapa sulitnya bagi sebagian orang untuk mengadopsi perubahan gaya hidup yang diperlukan untuk mendapatkan manfaat darinya.

Tetapi sekarang, sebuah studi baru menemukan bahwa melakukan satu hal hanya sekitar 20 menit setiap hari dapat dengan mudah menambah usia Anda.

20 menit olahraga berat setiap hari dapat membantu Anda hidup lebih lama

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine pada November 2020, para peneliti melihat efek apa yang dapat ditimbulkan oleh olahraga sedang hingga berat dalam mencegah kematian akibat kanker, penyakit jantung, atau penyebab lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penelitiannya

Tim menggunakan data yang dikumpulkan dari 403.681 orang dewasa yang telah mengambil bagian dalam Survei Wawancara Kesehatan Nasional 1997-2003, yang mengumpulkan informasi yang dilaporkan sendiri pada tingkat aktivitas fisik dan kebiasaan olahraga. Tim menganalisis data dan membandingkannya dengan catatan kematian hingga akhir 2015.

Hasil menemukan bahwa mereka yang secara teratur mengambil bagian dalam aktivitas fisik yang kuat yang meningkatkan detak jantung, seperti berlari atau latihan kardio, memiliki risiko kematian akibat kanker atau penyakit jantung yang lebih rendah.

Tetapi dibandingkan dengan waktu yang dihabiskan untuk berolahraga secara keseluruhan dengan intensitas sedang, mereka yang melakukan 150 menit per minggu—atau lebih dari 20 menit per hari—olahraga sedang hingga berat mengalami peningkatan rentang hidup dengan tingkat kematian dini yang lebih rendah dari semua penyebab.

 

3 dari 5 halaman

Olahraga berat lebih bermanfaat daripada olahraga sedang yang lama

Para peneliti akhirnya menyimpulkan bahwa "penelitian ini menunjukkan bahwa proporsi yang lebih tinggi dari VPA [aktivitas fisik yang kuat] terhadap aktivitas fisik total dikaitkan dengan semua penyebab kematian yang lebih rendah."

Menurut American Heart Association (AHA), ini termasuk hiking menanjak, berlari, berenang, menari aerobik, kerja keras di halaman seperti menggali, tenis tunggal, bersepeda 10 mil per jam atau lebih cepat, dan lompat tali.

 

4 dari 5 halaman

Rekomendasi berolahraga ringan setidaknya 150 menit per minggu

Namun, Anda mungkin ingin berpikir dua kali sebelum Anda sepenuhnya meninggalkan jalan-jalan mingguan Anda demi kelas HIIT. Penulis penelitian berpendapat bahwa sementara mungkin ada efisiensi tambahan untuk memasukkan latihan yang lebih intens, temuan ini memperjelas bahwa aktivitas fisik sedang pun memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

Hasilnya juga terjadi sejalan dengan rekomendasi yang ditemukan dalam Pedoman Aktivitas Fisik untuk Orang Amerika yang diterbitkan oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HSS) AS.

Ini menyarankan bahwa orang dewasa harus melakukan "setidaknya 150 menit per minggu aktivitas aerobik intensitas sedang atau 75 menit per minggu aktivitas aerobik yang kuat, atau kombinasi keduanya, sebaiknya disebarkan sepanjang minggu."

 

5 dari 5 halaman

Lakukan juga latihan beban atau yang menguatkan otot

Selain itu, direkomendasikan juga untuk menambahkan aktivitas penguatan otot dengan intensitas sedang hingga tinggi seperti resistensi atau beban setidaknya dua hari per minggu.

Tentu saja, ini tidak semua harus diadopsi dalam semalam. Pedoman menyarankan mulai dengan apa yang terasa nyaman dan menambahkan intensitas dan jumlah dari waktu ke waktu.

Paling tidak, disarankan untuk menghabiskan lebih sedikit waktu untuk duduk dan lebih banyak waktu untuk bergerak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.