Sukses

Berapa Kali Anda Perlu Mencuci Muka dalam Sehari, Ini Kata Pakar

Mencuci muka menjadi kegiatan yang rutin dilakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Mencuci muka menjadi kegiatan yang rutin dilakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah

Namun, setiap individu memiliki rutinitas berbeda dalam merawat kulit wajahnya. Hal tersebut pun diungkap ahli seperti melansir dari Bright Side, Jumat (11/2/2022).

Kata ahli, dalam hal membersihkan kulit wajah, tidak ada formula yang cocok untuk semua, dan caramu merawat kulit bergantung pada usia, tingkat aktivitas dan bahkan cuaca.

Meski diyakini bahwa mencuci muka sekali di pagi hari dan sekali di malah hari sudah cukup, namun itu akan berhasil bagi segelintir individu, dan tidak berhasil bagi yang lainnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kulit kering atau sensitif

Jika kulit Anda kering dan terlalu sensitif, mencucinya dua kali sehari bisa berbahaya daripada baik. Lebih baik membilasnya dengan air hangat di pagi hari tanpa menggunakan produk apa pun. 

Menggunakan produk yang lembut dan berbahan dasar minyak di malam hari bisa membantu membersihkan kotoran tanpa mengiritasi kulit.

 

3 dari 5 halaman

Kulit berminyak dan rentan berjerawat

Jika tipe kulit Anda mudah berminyak, itu bisa membuatnya berjerawat. Jadi disarankan untuk membersihkannya sebanyak mungkin. 

Namun, mencuci muka lebih dari dua kali sehari justru bisa menyabotase semua usahamu, karena akan meningkatkan produksi sebum yang menyebabkan jerawat semakin banyak.

Untuk membantu kulit berminyakmu tetap matte lebih lama, pilihlah pembersih berbasis asam dan ingat untuk tidak membersihkan wajahmu secara berlebihan.

 

4 dari 5 halaman

Memakai makeup tebal

Tidak ada yang bisa meningkatkan moodmu dan menyegarkan penampilanmu lebih cepat daripada makeup. Tapi produk yang menumpuk di kulitmu dengan mudah dan bisa menyebabkan pori-pori tersumbat bahkan kerutan dini. 

Pembersih yang tepat adalah kunci untuk menghapus riasan dan mencucinya setiap hari akan membantu kulitmu tetap segar dan awet muda lebih lama.

 

5 dari 5 halaman

Pergi ke gym hampir setiap hari

Tetap aktif sangat penting untuk menjaga berat badanmu terkendali dan membantumu lebih berenergi. Tapi mencuci muka sebelum dan sesudah berolahraga adalah aturan perawatan kulit yang tidak boleh Anda langar.

Menghapus riasan sebelum berolahraga akan membantu mencegah pori-pori tersumbat yang muncul saat bakteri bergabung dengan keringat dan kulit mati di wajahmu. 

Mencuci kulitmu segera setelah latihan selesai bisa membilas bakteri yang bisa menyebabkan jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.