Sukses

Awas, Infeksi Omicron Bikin Rasa Nyeri Tak Biasa di Bahu dan Kaki

Jika Anda merasakan nyeri tak biasa di bahu dan kaki, bisa jadi Anda telah terinfeksi Omicron

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda terkena Covid-19 dalam waktu dekat, Anda hampir pasti akan berurusan dengan varian Omicron. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), versi virus ini diperkirakan menyebabkan lebih dari 99 persen infeksi baru di berbagai tempat, menyingkirkan varian Delta yang sebelumnya dominan hampir sepenuhnya.

Varian Omicron memiliki sejumlah mutasi yang membuatnya berbeda dari iterasi Covid-19 sebelumnya, termasuk seberapa cepat penyebarannya dan tingkat keparahan infeksi yang dihasilkannya.

Tetapi mutasi ini juga tampaknya mengubah jenis gejala yang seharusnya diharapkan oleh orang yang terinfeksi virus corona. Sekarang, dokter mengatakan Omicron menghasilkan rasa sakit di dua tempat yang tidak biasa dilaporkan dengan varian sebelumnya. Hal tersebut yakni nyeri di kaki dan bahu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jika Anda merasa sakit di kaki dan bahu, Anda mungkin terinfeksi Omicron

Meskipun infeksi virus corona berpotensi menyebabkan penyakit di bagian tubuh mana pun, ada dua titik tertentu yang bisa menjadi indikasi Omicron. Menurut App Studi COVID Zoe Inggris, banyak orang dengan kasus Covid baru mengeluh sakit otot terutama sakit di kaki dan bahu.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) mengatakan bahwa rasa sakit di kedua bagian tubuh ini dapat bermanifestasi dalam berbagai cara ketika penyebab utamanya adalah virus corona.

"Beberapa orang memiliki rasa sakit yang meluas yang dapat datang dan pergi untuk sementara waktu saat Anda pulih. Beberapa orang juga memiliki perasaan aneh atau berubah seperti mati rasa atau kesemutan dan kelemahan pada kaki," kata layanan kesehatan tersebut.

Dalam hal bahu, NHS mengatakan bahwa masalah dapat mencakup "kombinasi rasa sakit, kekakuan, mati rasa," atau bahkan kelemahan.

 

3 dari 5 halaman

Nyeri dan nyeri otot adalah gejala Omicron yang sering dilaporkan

Ketika para dokter di Afrika Selatan dan negara-negara lain pertama kali mulai melaporkan gejala-gejala yang berbeda dari pasien-pasien yang datang dengan varian baru yang disebut Omicron, nyeri atau nyeri otot—juga disebut sebagai mialgia—adalah keluhan yang umum.

Sekarang Gavi, organisasi aliansi vaksin global, mengatakan mialgia adalah salah satu tanda utama varian ini yang harus diwaspadai orang.

"Orang-orang akan memberi tahu kami bahwa mereka pergi tidur tadi malam [dan mengatakan bahwa] mereka merasa hangat dan dingin di malam hari, [dan bangun dengan] sakit dan nyeri tubuh, nyeri dada, atau sakit punggung dan kelelahan—itulah Omicron," Angelique Coetzee , seorang dokter Afrika Selatan dan ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan (SAMA), menjelaskan kepada MSNBC.

 

4 dari 5 halaman

Alasan rasa sakit ini lebih umum pada varian Omicron

Mialgia umum terjadi pada banyak infeksi virus dan COVID tidak terkecuali. Demikian menurut Harish Chafle, konsultan senior untuk Pulmonologi dan Perawatan Kritis di Rumah Sakit Global di Parel, Mumbai, mengatakan kepada Livemint.

Tetapi ahli medis mengatakan bahwa jelas bahwa nyeri tubuh lebih sering terjadi dengan varian Omicron, yang bisa menjadi akibat dari sejumlah faktor yang berbeda.

"Ada kemungkinan bahwa karena mediator inflamasi, varian ini menyebabkan lebih banyak mialgia daripada varian lainnya pasca-pemulihan," kata Chafle. "Alasan lain untuk ini adalah fakta bahwa varian ini mempengaruhi sistem muskuloskeletal lebih dari varian lain sebelumnya."

Coetzee juga mengatakan kepada MSNBC bahwa dia percaya nyeri tubuh lebih jelas dengan Omicron karena lebih mungkin menyerang sistem muskuloskeletal terlebih dahulu yang berdampak pada otot, tulang, sendi, dan ligamen dengan rasa sakit dan nyeri.

 

5 dari 5 halaman

Mialgia/nyeri otot bukan salah satu dari lima tanda paling umum dari Omicron

Tidak ada keraguan bahwa rasa sakit di kaki dan bahu—di antara tempat-tempat potensial lainnya—lebih sering muncul dengan Omicron dibandingkan dengan varian virus sebelumnya. Namun nyeri tubuh masih belum dianggap sebagai salah satu dari lima tanda infeksi teratas dari varian ini.

Menurut Zoe COVID Study App, gejala paling umum dari varian Omicron adalah pilek, sakit kepala, kelelahan, bersin, dan sakit tenggorokan. Juga tidak ada tanda-tanda gejala COVID sebelumnya seperti sesak napas atau kehilangan indra perasa dan penciuman.

"Banyak gejala Omicron, sebagian besar tampak seperti flu biasa atau penyakit virus lainnya, tanpa gejala klasik," kata Tim Spector, pendiri Zoe COVID Study App, dalam sebuah pernyataan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    Omicron Covid

  • Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    gejala omicron

  • nyeri bahu

  • Nyeri Kaki