Sukses

Lantunkan Doa Ini Selama Bulan Rajab, Agar Diberi Umur Panjang

Anda juga dianjurkan memperbanyak doa selama bulan Rajab agar diberi umur panjang

Liputan6.com, Jakarta - Selama bulan Rajab, para muslim dianjurkan untuk meningkatkan amalan dan ibadahnya. Sebab, bulan Rajab sangat istimewa dan umat Islam dianjurkan untuk memuliakannya.

Ada berbagai amalan shaleh yang bisa dilakukan selama bulan Rajab, seperti sholat sunnah, puasa sunnah atau pun sedekah.

Selain itu, Anda juga dianjurkan memperbanyak doa selama bulan Rajab agar diberi umur panjang agar bisa bertemu bulan istimewa lainnya, seperti Ramadan. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa lengkap dengan artinya

Berikut doa yang dianjurkan dilantunkan selama bulan Rajab, agar diberi umur panjang, seperti melansir dari NU, Senin (7/2/2022).

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ 

Allâhumma bârik lanâ fî Rajaba wa Sya‘bâna wa ballighnâ Ramadhânâ 

Artinya,

“Ya Allah, berkatilah kami pada Bulan Rajab dan Bulan Sya’ban. Sampaikan kami dengan Bulan Ramadhan.” 

3 dari 3 halaman

Berdasarkan hadits Nabi SAW

Melansir dari NU, dasar anjuran doa tersebut berdasarkan salah satu hadits Nabi SAW, yaitu, “Jika masuk bulan Rajab, Rasulullah berdoa, ‘Ya Allah, berkatilah kami pada bulan Rajab dan Sya‘ban. Sampaikan kami ke bulan Ramadan.” 

Pendapat tersebut diperkuat oleh Syekh Abdur Rauf Al-Munawi dalam Jami’ush Shaghir dengan mengutip argumen Syekh Ibnu Rajab yang mengatakan adanya anjuran untuk berdoa supaya dipanjangkan umur agar bisa berbuat amal shalih di waktu-waktu yang memiliki keutamaan. Dalam konteks ini adalah Sya’ban dan Ramadan.

Doa tersebut juga diriwayatkan oleh beberapa ahli hadits, di antaranya oleh Abdullah bin Ahmad dalam Kitab Syakir, Imam Al-Bazzar dalam Kitab Kasyful Astar, Ibnu Abid Dunya dalam Kitab Fadhail Ramadhan, Ibnus Sinni dalam Kitab Al-Yaum wal Lailah, Imam At-Thabarani dalam Kitab Mu’jamul Ausath, Abu Nu’aim dalam Kitab Hilyatul Auliya’, Imam Al-Baihaqi dalam Kitab Fadhailul Auqat, dan Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar. 

Berikut penulis kutipkan penjelasan Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar terkait doa tersebut: 

“Kami riwayatkan dalam Kitab Hilyatul Auliya dengan sanad yang daif (lemah), bersumber dari Ziyad An-Numairi dari Anas bin Malik RA. Ia berkata, ‘Rasulullah Saw ketika memasuki bulan Rajab berkata: Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban. Sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan.’ Riwayat serupa juga kami riwayatkan dari kitab Ibnus Sinni dengan sedikit tambahan redaksi.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.