Sukses

Studi: Kebanyakan Pasangan Berhenti Jatuh Cinta dalam 6 Bulan

Ternyata kebanyakan romansa jatuh cinta hanya berdurasi enam bulan

Liputan6.com, Jakarta - Jika lagu dan film dapat dipercaya, tidak ada yang lebih penting atau memuaskan daripada "jatuh cinta". Namun, para ahli mengatakan bahwa tahap awal, ketika Anda jungkir balik satu sama lain karena cinta, mungkin berumur lebih pendek dari yang Anda harapkan.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa setelah periode yang relatif singkat, sebagian besar hubungan akan beradaptasi atau mati. Mengetahui transisi umum ini sebenarnya dapat membuat segalanya menjadi tidak terlalu rumit bila Anda tengah menjalin sebuah hubungan atau sedang menjajaki hubungan tersebut.

Sementara kita suka memikirkan cinta sebagai masalah hati, itu sebagian besar masalah otak. Jatuh cinta mungkin terasa sederhana atau intuitif, tetapi perasaan hangat dan kabur itu adalah produk dari mekanisme yang lebih kompleks: misalnya, respons neurokimia dan hormonal terhadap faktor sosial, isyarat genetik, dan banyak lagi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kebanyakan pasangan berhenti

Menurut peneliti Harvard Katherine Wu, PhD, hormon dan kimia otak kita sangat banyak berubah selama tahap awal ikatan suatu hubungan, yang secara kasar dapat dipecah menjadi tiga kategori: nafsu, ketertarikan, dan keterikatan.

"Meskipun ada tumpang tindih dan seluk-beluk masing-masing, setiap jenis dicirikan oleh rangkaian hormonnya sendiri," para ahli menjelaskan. "Testosteron dan estrogen mendorong nafsu; dopamin, norepinefrin, dan serotonin menciptakan daya tarik; dan oksitosin dan vasopresin memediasi keterikatan."

Namun, sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology menemukan bahwa setelah enam bulan, pasangan cenderung tumbuh dari tahap awal ikatan dan berkembang menjadi sesuatu yang lain.

 

3 dari 5 halaman

Tahapan-tahapan jatuh cinta

"Tahap awal cinta romantis yang ditandai dengan stres mungkin berbeda dari periode selanjutnya yang ditandai dengan perasaan aman dan tenang," para peneliti menjelaskan.

"Tahap pertama, yang dicirikan oleh kira-kira enam bulan pertama hubungan, telah digambarkan sebagai "jatuh cinta." Ini ditandai oleh semua karakteristik cinta romantis, termasuk, khususnya, gairah romantis dan keintiman.

Fase yang berlangsung dari kira-kira enam bulan sampai empat tahun, disebut sebagai 'cinta yang penuh gairah'.

Selama waktu ini gairah dipertahankan tetapi komitmen dan keintiman meningkat. Cinta yang penuh gairah memberi jalan kepada cinta yang menyertai, gairah mereda, dan komitmen serta keintiman mencapai puncaknya," kata studi tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Jangan khawatir, masih ada ruang untuk romansa

Jika ini semua terdengar agak mengkhawatirkan, ada kabar baik. Para peneliti mengatakan bahwa tidak setiap hubungan akan mengikuti lintasan yang sama. Banyak pasangan akan memperpanjang waktu yang mereka habiskan di dua fase pertama.

"Pada beberapa individu, cinta romantis bisa bertahan bertahun-tahun, atau bahkan puluhan tahun," tulis penulis studi Frontiers.

"Dalam hubungan romantis yang bertahan lama, cinta romantis berfungsi untuk mengikat pasangan bersama dengan menciptakan pemahaman, emosi, dan kebiasaan bersama yang menjadi ciri khas cinta pendamping dan ikatan pasangan jangka panjang. Transisi dari cinta romantis ke cinta pendamping adalah bertahap dan kedua jenis cinta itu berbagi banyak karakteristik."

Dan tentu saja, sebuah hubungan dalam tahap "cinta persahabatan" masih bisa memiliki ciri-ciri romantis—terutama jika Anda berusaha untuk menjaga agar percikan itu tetap menyala.

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.