5 Manfaat Makan Bersama Keluarga untuk Tumbuh Kembang Anak

Oleh Syifa Aulia pada 08 Feb 2022, 19:03 WIB
Diperbarui 08 Feb 2022, 19:03 WIB
Anak Mengonsumsi Makanan
Perbesar
Ilustrasi Anak Mengonsumsi Makanan Credit: pexels.com/cottonbro

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan makan bersama keluarga mungkin tidak dilakukan oleh semua keluarga. Beberapa orang menganggap bahwa makan bersama tidak terlalu penting. Ada juga yang tidak memiliki waktu yang tepat untuk mengatur makan bersama.

Padahal, berkumpul untuk makan bersama keluarga memiliki banyak manfaat bagi anak-anak dan orang tua. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu cara untuk mendidik anak.

Dilansir dari Parents, Senin (7/2/2022), banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa makan malam bersama keluarga bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental anak dan orang tua. Berikut daftar manfaat yang dirasakan dari kegiatan tersebut.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Ajarkan Kebiasaan Makan

Menyiapkan Snack Sehat
Perbesar
Ilustrasi Anak Mengonsumsi Makanan Credit: pexels.com/Alex

Sebuah studi yang terbit di JAMA Network Open pada November 2018, mengungkapkan bahwa makan bersama keluarga berpengaruh terhadap pola makan yang lebih baik, khususnya di kalangan remaja.

Studi tersebut berjudul Exploring the Role of Family Functioning in the Association Between Frequency of Family Dinners and Dietary Intake Among Adolescents and Young Adults.

Dalam studi itu, dikatakan bahwa remaja yang sering makan bersama keluarga cenderung lebih banyak makan buah dan sayuran. Serta lebih sedikit makan makanan cepat saji dan minuman manis.

 


2. Mencegah Masalah Psikososial

Ilustrasi makanan keberuntungan saat libur Imlek 2022
Perbesar
Ilustrasi makanan keberuntungan saat libur Imlek 2022 (dok.pexels)

Berdasarkan penelitian yang dilakukan sejumlah peneliti asal Kanada pada 2015, sering makan malam bersama keluarga bisa mencegah masalah psikososial pada remaja.

Hal ini bisa mencegah masalah seperti gangguan makan, perilaku kekerasan, Depresi, penyalahgunaan obat terlarang dan alkohol, hingga pikiran bunuh diri.


3. Meningkatkan Harga Diri Anak

Ilustrasi makan keluarga (pexels)
Perbesar
Ilustrasi makan keluarga (pexels)

Kegiatan makan bersama keluarga akan mendorong anak untuk menceritakan tentang kesehariannya. Ketika itu terjadi, orang tua harus mendengarkannya dengan tulus tanpa menghakimi.

Orang tua juga harus melibatkan anak untuk membantu menyiapkan makan malam. Hal itu bisa membuat anak menjadi lebih percaya diri dan harga dirinya meningkat.


4. Mengurangi Risiko Obesitas

Tingkatkan Rasa Percaya Diri, Ini 7 Manfaat Luar Biasa Makan Bersama Keluarga
Perbesar
Ilustrasi makan bersama keluarga

Makan malam bersama keluarga ternyata juga bisa mengurangi risiko obesitas pada anak di masa dewasa. Menurut studi dalam Journal of Pediatrics tahun 2015, dijelaskan bahwa anak-anak yang sering makan malam bersama keluarga akan mengurangi risiko mengalami obesitas pada 10 tahun kemudian, terutama bagi remaja kulit hitam.

Dalam studi itu, peneliti mengatakan bahwa orang tua setidaknya harus mengadakan makan malam sebanyak satu atau dua kali setiap minggu.

 


5. Meningkatkan Keahlian Komunikasi

Ilustrasi anak-anak makan sayuran (pixabay)
Perbesar
Ilustrasi anak-anak makan sayuran (pixabay)

Saat makan bersama keluarga secara umum anak dan orang tua akan saling berinteraksi tentang berbagai topik. Dilansir dari Science Daily, interaksi yang terjadi di meja makan itu bisa meningkatkan keahlian anak dalam berkomunikasi. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya