Sukses

Ketahui 4 Posisi Tidur Terbaik yang Menguntungkan Tubuhmu

Ada beberapa posisi tidur terbaik yang menguntungkanmu. Penasaran apa saja? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta Tidur menjadi salah satu yang dibutuhkan setiap individu, tubuh dan sistem kekebalan kita. Namun, banyak dari kita dengan mudah mengabaikan posisi tidur.

Pada kenyataannya, posisi tidurmu memainkan peran besar dalam kualitas tidurmu, dan jika Anda bangun dengan lelah atau sakit, sudah waktunya Anda untuk mengubah posisi tidurmu.

Berikut beberapa posisi tidur terbaik yang menguntungkan tubuhmu, seperti melansir dari Bright Side, Minggu (6/2/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Posisi janin

Posisi janin menjadi paling populer dan untuk alasan yang baik. Tidak hanya nyaman, posisi ini juga membantu mengatasi nyeri punggung bawah, mengurangi dengkuran dan sangat bagus untuk Anda yang sedang hamil. 

Namun, pastikan postur tubuhmu longgar atau Anda berisiko merasa sakit di pagi hari.

3 dari 5 halaman

2. Posisi miring

Tidur miring mirip dengan tidur dalam posisi janjin, tapi kakimu tidak ditarik kea rah dada.

Tidur miring diklaim baik untukmu, karena bisa mengurangi dengkuran, membantu mulas dan baik untuk pencernaan. 

Namun, ada beberapa kelemahan dari posisi ini yang harus Anda waspadai. Ini bisa menyebabkan kekauan di bahu dan rahang kaku di sisi tempat Anda tidur.

Jika Anda tidur miring, Anda harus memilih tidur miring ke kiri, karena tidur miring ke kanan bisa meningkatkan mulas dan refluks asam.

Jika Anda mengalami sakit punggung bagian bawah, posisi memeluk bantal bisa menjadi pilihan terbaik untukmu. Menempatkan bantal di antara kakimu akan menyelaraskan pinggulmu lebih baik, sehingga mengurangi rasa sakit di daerah punggung bawah.

4 dari 5 halaman

3. Tidur telentang

Tidur telentang menawarkan manfaat kesehatan yang paling besar, karena melindungi tulang belakangmu dan bisa mengurangi nyeri pinggul dan lutut.

Itu membuat tubuhmu dalam keselarasan yang merata, yang mengurangi tekanan yang tidak perlu pada punggung dan persendianmu. 

Untuk manfaat kesehatan lebih lanjut, tambahkan bantal di belakang lututmu untuk membantu menopang lekukan alami punggungmu.

Namun, ada beberapa kerugian dari posisi ini. Tidur telentang bisa jadi sulit bagi mereka yang mendengkur atau mengalami sleep apnea. 

Ini juga bisa menjadi tidak nyaman bagi orang-orang dengan sakit punggung, itulah mengapa penting untuk memiliki dukungan yang baik.

5 dari 5 halaman

4. Tidur tengkurap

Tidur tengkurap bukanlah posisi yang paling menguntungkan sama sekali. Meski bisa mengurangi dengkuran dan membantu pengidap sleep apnea, namun juga bisa menyebabkan sakit punggung dan leher. 

Ini juga bisa menyebabkan stres pada persendian, membuatmu bangun dengan sakit dan lelah. 

Jika Anda ingin meredakan sakit punggung, Anda bisa mencoba meletakkan bantal di bawah perut bagian bawah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.