Sukses

Cara Bikin The Picture NASA Took on My Birthday yang Jadi Tren di TikTok

Para pengguna jejaring sosial TikTok sedang dihebohkan dengan konten The Picture NASA Took on My Birthday.

Liputan6.com, Jakarta Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial TikTok sedang dihebohkan dengan konten The Picture NASA Took on My Birthday.

Karena banyak muncul di For Your Page (FYP) TikTok, konten tersebut pun kini tengah menjadi tren kekinian yang banyak dilakukan warganet.

Dalam konten tersebut, pengguna bisa menunjukkan foto antariksa yang diambil NASA (National Aeronautics and Space Administration) di hari tertentu, yang dapat dicocokkan dengan hari kelahiran atau ulang tahun seseorang.

Nah, penasaran bagaimana cara membuat The Picture NASA Took on My Birthday? Berikut langkah-langkahnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara membuatnya

Untuk membuat tren The Picture NASA Took on My Birthday, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini.

  1. Pertama-tama Anda perlu membuka situs web https://www.nasa.gov.
  2. Lalu pilih "Mission" dan selanjutnya pilih "Hubble Space Telescope."
  3. Perhatikan kolom paling kanan di situs tersebut, lalu klik "What Did Hubble See on Your Birthday."
  4. Setelah itu akan muncul "Select Your Birthday Date." 
  5. Lalu Anda cukup memasukkan bulan dan tanggal lahir, untuk melihat gambar apa yang ditangkap NASA menggunakan teleskop Hubble di tanggal tersebut.
  6. Gambar yang muncul juga akan disertai penjelasan singkat tentang fenomena antariksa yang terjadi beserta tanggal dan bulan yang dipilih. Namun di sini, Anda tidak bisa memasukkan tahun tertentu.
3 dari 4 halaman

The Picture NASA Took on My Birthday

Sementara itu, jika Anda ingin melihat lebih spesifik ke tahun tertentu, Anda bisa masuk ke situs Astronomy Picture of the Day di https://apod.nasa.gov.

Di situs itu, Anda bisa masuk ke menu Calendar yang berada di bagian bawah page, pilih tahun dan bulan kelahiran, lalu pilih hari atau tanggal yang diinginkan.

Nantinya, Anda bisa melihat gambar atau foto antariksa yang diambil dan diarsipkan oleh NASA, beserta penjelasan singkat yang ditulis pakar astronomi profesional. Anda juga bisa menyimpan fotonya untuk dijadikan wallpaper.

Misalnya di tanggal 23 Januari 2020, NASA mengambil gambar Globular Star Cluster NGC 6752 yang diambil oleh fotografer antariksa Jose Joaquin Perez.

Hanya saja di situs ini, hanya disimpan foto antariksa mulai bulan Juni 1995. Jadi Anda tidak akan bisa menemukan gambar di waktu-waktu sebelum Juni 1995.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.