Sukses

Studi: Rutin Berjalan 10 Menit Setiap Hari Dapat Memperpanjang Usia

Ternyata studi baru menemukan bahwa rutin berjalan kaki selama 10 menit dapat memperpanjang usia

Liputan6.com, Jakarta Umur panjang yang lebih baik terkadang tampak di luar kendali Anda, tetapi para ahli mengatakan bahwa keputusan kita sehari-hari secara langsung berkaitan dengan peluang kita untuk hidup berumur panjang dan sehat. Faktanya, sebuah studi baru menemukan bahwa ada satu hal yang dapat Anda lakukan hanya selama 10 menit per hari yang dapat memiliki dampak dramatis pada kesehatan fisik Anda.

Para peneliti mengatakan bahwa jika semua orang melakukannya, ini secara kolektif dapat mencegah kematian dini tiap tahunnya.

Berjalan selama 10 menit sehari dapat memperpanjang hidup Anda

Para peneliti telah lama membuktikan manfaat olahraga pada umur panjang, dan sebagian besar lembaga kesehatan termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk berolahraga minimal 150 menit per minggu.

Namun, sebuah studi baru tahun 2022 yang diterbitkan dalam jurnal medis JAMA Internal Medicine yang bertujuan untuk memeriksa manfaat peningkatan moderat dalam tingkat olahraga menemukan bahwa menambahkan sedikitnya 10 menit berjalan kaki ke rutinitas normal Anda dapat menurunkan risiko kematian dini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penelitiannya

Untuk mencapai kesimpulan ini, tim peneliti mengumpulkan data kesehatan dari 4.840 orang dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), yang semuanya telah mengikuti survei antara tahun 2003 dan 2006 dan berusia antara 40 dan 85 tahun.

Beberapa responden survei diberi pelacak aktivitas untuk mengukur tingkat aktivitas mereka, kemudian mengelompokkan subjek secara surut berdasarkan berapa menit mereka berjalan atau melakukan aktivitas sedang pada rata-rata hari.

Akhirnya, mereka memeriksa nama peserta dengan daftar kematian nasional untuk menentukan risiko kematian yang terkait dengan tingkat aktivitas yang berbeda.

 

3 dari 5 halaman

Hasil penelitian

Dengan menggunakan informasi ini, mereka dapat menjalankan skenario statistik hipotetis di mana individu meningkatkan atau menurunkan tingkat aktivitas fisik mereka, dan untuk memperkirakan dampak tingkat tersebut pada umur panjang.

Melalui proses ini tim menentukan bahwa lebih dari 100.000 nyawa orang Amerika akan diselamatkan setiap tahun dari kematian dini jika setiap orang yang dapat melakukannya menambahkan 10 menit berjalan kaki per hari.

 

4 dari 5 halaman

Jalan kaki memiliki berbagai manfaat kesehatan yang penting

Menurut Mayo Clinic, ada beberapa alasan mengapa jalan kaki baik untuk Anda. Otoritas kesehatan menjelaskan bahwa aktivitas tersebut dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular, memperkuat tulang dan otot, meningkatkan daya tahan, meningkatkan tingkat energi, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, memperkuat sistem kekebalan, serta mengurangi stres dan ketegangan.

Banyak orang juga menggunakan jalan kaki sebagai sarana untuk menjaga berat badan yang sehat atau menurunkan lemak tubuh, yang pada gilirannya dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kanker, dan diabetes tipe 2.

 

5 dari 5 halaman

Lakukan secara perlahan

"Ingat tidak apa-apa untuk memulai dengan perlahan-terutama jika Anda belum berolahraga secara teratur," saran Mayo Clinic.

"Anda mungkin mulai dengan lima menit sehari pada minggu pertama, dan kemudian meningkatkan waktu Anda lima menit setiap minggu hingga Anda mencapai setidaknya 30 menit," para pakar organisasi merekomendasikan.

Menurut Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris, Anda akan mendapatkan hasil maksimal dari berjalan jika Anda menjaga kecepatan "cepat".

"Jalan cepat adalah sekitar tiga mil per jam, yang lebih cepat daripada berjalan kaki," jelas NHS.

"Anda dapat mengatakan bahwa Anda berjalan cepat jika Anda masih bisa berbicara tetapi tidak bisa menyanyikan kata-kata untuk sebuah lagu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.