Sukses

4 Gejala Baru Covid-19 Ini Bisa Berarti Anda Mengalami Omicron

Berikut gejala baru Covid-19 yang ditemukan pada pasien dengan Omicron

Liputan6.com, Jakarta Varian Omicron menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 baru, infeksi terobosan, dan infeksi ulang. Di Indonesia, kasus positif Covid kembali melonjak selama beberapa hari terakhir.

Banyak dari ini berkaitan dengan seberapa cepat iterasi virus ini dapat menyebar, serta kemampuannya untuk menghindari kekebalan yang ada.

Tetapi karena semakin mudah terinfeksi Covid-19, semakin sulit juga untuk mengetahui apakah Anda memiliki virus atau hanya penyakit lain yang bersirkulasi, seperti flu.

Banyak gejala Covid-19 seperti kehilangan rasa dan penciuman atau sesak napas dilaporkan lebih jarang di antara mereka yang memiliki varian Omicron. Pada saat yang sama, varian ini menghasilkan beberapa gejala uniknya sendiri. Apa saja? Mengutip laporan Bestlifeonline, ini dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sakit punggung

The Telegraph melaporkan, data baru dari Zoe COVID Study App menunjukkan bahwa nyeri punggung bawah adalah gejala baru dari varian Omicron. Menurut The Washington Post, pada awal penemuan Omicron, dokter di Afrika Selatan mengatakan mereka sering melihat nyeri otot yang bermanifestasi sebagai nyeri punggung bawah pada pasien COVID.

"Orang-orang akan memberi tahu kami bahwa mereka pergi tidur tadi malam [dan mengatakan bahwa] mereka merasa hangat dan dingin di malam hari, [dan bangun dengan] sakit dan nyeri tubuh, nyeri dada, atau sakit punggung dan kelelahan—itulah Omicron," Angelique Coetzee, seorang dokter Afrika Selatan dan salah satu yang pertama melaporkan Omicron, mengatakan kepada MSNBC.

Menurut Coetzee, ini bisa karena varian ini menyerang gejala muskuloskeletal sejak dini.

“Sejumlah besar pasien ini mengalami nyeri punggung bawah dan mialgia parah yang menambah penderitaan pasien,” Ann Mary, konsultan kedokteran umum di Rumah Sakit Amrita di Kochi, India, juga mengkonfirmasi kepada Layanan Berita Indo-Asia.

 

3 dari 6 halaman

2. Keringat malam

Keringat malam tidak dilihat sebagai gejala umum dari jenis virus corona asli atau varian Delta tetapi sekarang dianggap sebagai gejala umum dari varian Omicron, menurut CaroMont Health.

"Orang-orang melaporkan berkeringat di malam hari, yang merupakan gejala yang sangat aneh yang mereka alami," John Torres, MD, seorang dokter ruang gawat darurat dan koresponden medis senior NBC News, mengonfirmasi kepada Today pada 28 Desember.

Mayo Clinic menggambarkan keringat malam sebagai "keringat ekstrem yang berulang-ulang," yang biasanya disebabkan oleh suatu penyakit. Amir Khan, GP, seorang dokter untuk National Health Service (NHS) di Inggris, mengatakan kepada The US Sun bahwa orang yang memiliki gejala ini karena COVID kemungkinan akan mengalami "keringat malam yang basah kuyup di mana Anda mungkin harus bangun dan mengganti bajumu."

 

4 dari 6 halaman

3. Hilangnya nafsu makan

Omicron juga cenderung menghasilkan gejala gastrointestinal. Aplikasi Zoe COVID Study baru-baru ini memperbarui daftar gejala umum Omicron termasuk kehilangan nafsu makan, lapor Daily Express.

"Salah satu pasien saya ... dirawat dengan keluhan kehilangan nafsu makan, mual, dan muntah. Sesuai protokol, kami melakukan RT-PCR, dan hasilnya positif," Sanket Jain, konsultan pulmonologis di Rumah Sakit Masina di India, mengatakan kepada outlet berita. "Gejala seperti itu biasa diamati saat ini, terutama pada infeksi Omicron."

 

5 dari 6 halaman

4. Mual

Mual juga telah dilaporkan sebagai gejala umum dari varian Omicron, menurut Tim Spector, seorang profesor epidemiologi genetik di King's College London dan kepala Zoe COVID Study App. "Beberapa dari mereka mengalami mual, demam ringan, sakit tenggorokan, dan sakit kepala," kata Spector dalam video YouTube, merujuk pasien dalam wabah individu yang divaksinasi penuh dan dikuatkan.

Orang-orang ini lebih mungkin untuk memiliki penyakit ringan dari Omicron juga. Dan sementara mual telah dikaitkan dengan varian virus sebelumnya, itu mungkin menonjol sekarang karena lebih banyak orang yang mengalami gejala yang lebih ringan ini.

Demikian menurut Andrew Pekosz, seorang profesor mikrobiologi molekuler dan imunologi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg, mengatakan kepada The New York Times.

"Penelitian telah menemukan bahwa Omicron dapat menginfeksi paru-paru lebih sedikit dan lebih mirip infeksi pernapasan, yang dapat menyebabkan orang mengeluarkan dahak saat batuk yang dapat mengiritasi dan mengganggu perut saat tertelan," kata Pekosz.

6 dari 6 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    Omicron Covid

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    gejala omicron