Sukses

Wanita Ini Pasrah Anjingnya Menghancurkan Perabotan Selama Dirinya Dikarantina

Lewat kamera pengawas, wanita ini hanya bisa pasrah saat melihat anjing yang ia pelihara menghancurkan perabotan selama ia dikarantina

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita di Tiongkok yang terjebak dalam karantina Covid 14 hari menyaksikan tanpa daya melalui kamera pengintai ketika anjingnya menghancurkan ruang tamu dan lemari pakaiannya.

Seorang wanita yang harus dikarantina selama 14 hari di tengah wabah COVID-19 di kota Xi'an, China, melihat rumahnya dibuat berantakan oleh anjingnya saat dia memantau ruang tamunya melalui kamera pengintai.

Pemiliknya, yang diidentifikasi sebagai Liu oleh media China HouLang News, mengatakan dia tidak diizinkan membawa hewan peliharaan ke tempat karantina bersamanya. Sebagai gantinya, dia menyiapkan makanan yang cukup untuk anjingnya, memasang kamera pengintai, dan meninggalkannya sendirian di rumah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Anjing yang gelisah ditinggal pemiliknya

Setelah Liu pergi, anjing itu duduk di pintu depan, menunggunya kembali. Pada hari kedua, anjing itu menjadi gelisah dan mulai mengobrak-abrik sofanya, kata pemilik anjing itu dalam sebuah video yang diterbitkan oleh HouLang News yang telah ditonton 12 juta kali di platform media sosial China, Weibo.

"Setiap hari, dia mengobrak-abrik rumah. Setiap hari dia menghancurkan barang baru. Hampir semua yang ada di rumah sekarang rusak," kata Liu.

Rekaman dari Senin sore menunjukkan anjing Liu mengunyah lubang di sofanya dan mengobrak-abrik lemari saat bermacam-macam barang rumah tangga berserakan di lantai, dengan furnitur rusak di latar belakang.

 

3 dari 5 halaman

Sudah memesan furnitur baru

"Dia menghancurkan semua tas saya, sepatu saya, dan pakaian saya," kata Liu, menambahkan bahwa dia memiliki satu minggu lagi karantina dan sudah mulai membeli furnitur baru secara online.

Meskipun rumahnya rusak, Liu menganggap dirinya beruntung. "Setidaknya anjing saya masih sehat. Dia tidak makan apa pun yang buruk. Dalam tujuh hari, kami bisa kembali ke rumah, dan keadaan akan membaik," katanya.

"Rumah itu mungkin akan hancur, tapi kita bisa membersihkannya, dan itu akan baik-baik saja."

 

4 dari 5 halaman

Menyentuh hati netizen

Kisahnya telah mendorong beberapa pengguna Weibo untuk mengadvokasi bahwa hewan peliharaan diizinkan pergi bersama pemiliknya ke karantina, dalam diskusi yang mencapai 310 juta tampilan, kata platform tersebut. Yang lain bertanya apakah program sukarelawan hewan peliharaan atau lembaga pemerintah dapat turun tangan untuk merawat hewan yang ditinggalkan oleh pemiliknya di karantina.

Bulan lalu, Xi'an, sebuah kota berpenduduk 13 juta, mengalami salah satu wabah COVID-19 terburuk di China sejak wabah asli di Wuhan - bencana bagi rencana nol-COVID Beijing untuk menghilangkan virus. Pada awal Januari, setelah dua minggu penguncian, para pejabat mengatakan situasi virus corona di Xi'an "terkendali," lapor AFP, meskipun banyak yang tetap dikarantina atau di-lookdown.

 

5 dari 5 halaman

Permasalahan hewan peliharaan ditinggal pemilik selama karantina

Pihak berwenang China telah berulang kali berjuang dengan apa yang harus dilakukan dengan hewan peliharaan saat penduduk dikarantina. Di Shangrao di provinsi Jiangxi timur, pejabat kota meminta maaf setelah seorang pegawai kota memasuki rumah warga dan memukuli seekor anjing sampai mati November lalu ketika pemiliknya sedang dikarantina di sebuah hotel.

Beberapa laporan juga muncul pada tahun 2021 tentang kucing yang dibunuh di berbagai kota di China sementara pemiliknya dikirim ke karantina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.