Sukses

Studi: Banyak Pasien Covid-19 yang Dirawat Masih Merasakan Gejala Setelah 6 bulan

Para peneliti menemukan lebih dari tiga perempat pasien COVID-19 masih memiliki gejala selang 6 bulan setelah mereka keluar dari rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta - Para peneliti menemukan bahwa lebih dari tiga perempat dari kelompok pasien COVID-19 masih memiliki setidaknya satu gejala selang enam bulan setelah mereka keluar dari rumah sakit.

Dilansir dari Medicalnewstoday, Rabu (2/1/2022), dalam studi mereka, para peneliti menemukan bahwa 76% pasien COVID-19 dari sebuah rumah sakit di Wuhan, China, masih belum bebas gejala bahkan sampai enam bulan.

Penelitian yang muncul dalam jurnal The Lancet, mengidentifikasi gejala Covid-19 paling umum yang terus dialami peserta penelitian. Ini juga menyoroti kemungkinan efek COVID-19 pada kesehatan kardiopulmoner peserta dan mengidentifikasi faktor risiko potensial yang terkait dengan efek jangka panjang COVID-19.

Penyakit yang telah menjadi pandemi global ini memiliki berbagai gejala, yang paling umum adalah demam, batuk kering dan kelelahan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beragam Gejala

Tingkat keparahannya bisa sangat beragam, dengan beberapa orang tidak menyadari bahwa mereka mengidap penyakit tersebut dan yang lainnya membutuhkan perawatan di rumah sakit dan ventilasi mekanis. Hingga saat ini, data menunjukkan bahwa COVID-19 bertanggung jawab atas lebih dari 1,9 juta kematian.

Sementara gejala langsung dan perkembangan penyakit COVID-19 telah dipelajari dengan baik, namun efek jangka panjang dari COVID-19 kurang mendapat perhatian.

Laporan pengamatan telah menunjukkan bahwa banyak orang terus mengalami gejala terkait COVID-19 lama setelah mereka resmi pulih. Dijuluki dengan sebutan "Long Covid", gejala yang sering dilaporkan orang termasuk kelelahan, batuk, nyeri otot, nyeri dada, jantung berdebar dan ruam.

3 dari 4 halaman

Masih Banyak yang Bergejala Setelah Berbulan-bulan

Para peneliti di balik artikel ini ingin mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seberapa lazim gejala-gejala ini dan faktor risiko terkait yang membuat seseorang lebih mungkin mengalaminya beberapa bulan setelah keluar dari rumah sakit.

Dengan mempertimbangkan tujuan ini, para peneliti melakukan penelitian yang melibatkan 1.733 pasien yang telah keluar dari rumah sakit di Wuhan, China, antara 7 Januari dan 29 Mei 2020, setelah menerima diagnosis COVID-19.

Para peserta memiliki pemeriksaan tindak lanjut rata-rata 186 hari setelah mereka keluar. Selama penunjukkan, setiap individu melakukan wawancara tatap muka dengan dokter untuk menentukan gejala apa yang masih mereka alami. Mereka juga menjalani tes laboratorium, pemeriksaan fisik, dan tes jalan kaki selama 6 menit.

Selain itu, subset dari 349 peserta menyelesaikan tes fungsi paru-paru, dan 94 orang yang telah menerima tes antibodi ketika infeksi mereka paling parah menjalani tes antibodi lanjutan. Para peneliti menemukan bahwa 76% peserta masih mengalami setidaknya satu gejala COVID-19 pada tindak lanjut mereka.

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.