Sukses

Kisah Pilu Remaja yang Mengakhiri Hidup Setelah Ditolak Orang Tua Kandungnya

Setelah bertemu dengan orang tua kandung yang ia cari, remaja ini justru ditolak dan akhirnya bunuh diri

Liputan6.com, Jakarta Seorang remaja dilaporkan bunuh diri setelah pencarian orang tua kandungnya menjadi viral di media sosial dan mereka menolaknya.

Liu Xuezhou mengakhiri hidupnya sendiri di sebuah pantai di Sanya, sebuah kota di provinsi Hainan, kata bibi remaja itu, Chai Mou, kepada media China. Polisi Sanya mengkonfirmasi kematiannya ke The Paper.

Kisah Liu viral ketika dia mengunggah video pada 6 Desember meminta bantuan untuk menemukan keluarga kandungnya.

Remaja tersebut mengatakan dalam video bahwa dia lahir antara tahun 2004 dan 2006 di provinsi Hebei dan dijual oleh orang tua kandungnya kepada orang tua angkatnya ketika dia berusia tiga bulan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Dibantah oleh orang tua kandung

Ibu kandung Liu, yang diidentifikasi oleh media China hanya sebagai Zhang, membantah hal ini. Dia memberi tahu The Paper bahwa mereka berencana memberikan putra mereka dan tidak menjualnya, tetapi perantara yang menjual Liu kepada orang tua angkatnya bersikeras memberi mereka uang.

Menurut Liu, orang tua angkatnya meninggal dalam kecelakaan kembang api ketika dia berusia 4 tahun. Liu mengatakan dia kemudian tinggal bersama kakek-neneknya — orang tua dari ibu angkatnya — dan menerima tunjangan anak dari kakek-neneknya dari pihak ayah angkatnya.

Liu mengatakan tahun lalu bahwa dia bekerja paruh waktu untuk membayar studinya di sekolah kejuruan dan sedang mencari nafkah. Pekan lalu, dia memposting foto rumah bobrok, mengklaim itu adalah tempat dia tinggal.

 

 

3 dari 7 halaman

Ditolak oleh kedua orang  tua kandung

Saat permintaan informasinya dikumpulkan secara online, polisi dari wilayah asalnya menemukan ayah kandungnya melalui tes DNA.

Pada 27 Desember, remaja itu bertemu ayahnya di Shijiazhuang, ibu kota Hebei, menurut Sina News.

Tetapi Liu mengatakan ayahnya menolak untuk menerimanya karena dia sudah membesarkan keluarga lain.

Pada awal Januari, Liu mengatakan dia menemukan ibu kandungnya di Mongolia Dalam dan melakukan perjalanan untuk menemuinya. Seperti ayahnya, wanita itu menolak remaja itu, mengatakan dia hanya "menginginkan kehidupan yang damai" dan memiliki keluarganya sendiri, Beijing News melaporkan.

Menurut Beijing News, orang tua kandung Liu mengumpulkan uang mereka dan mengirimnya berlibur ke Sanya.

 

4 dari 7 halaman

Meminta dicarikan tempat tinggal yang layak

Liu menerima perjalanan itu tetapi terus meminta orang tuanya untuk membantu mencarikannya tempat tinggal yang layak. Mereka berdua menolak permintaan itu, kata remaja itu di Weibo.

Dia mengatakan ibunya kemudian memblokir nomor dan akun media sosialnya, memanggilnya "serigala bermata putih," istilah China yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tidak tahu berterima kasih, berhati dingin, dan kejam.

Zhang memberi tahu The Paper bahwa dia memblokir Liu karena dia terus memintanya untuk membelikannya rumah, yang katanya tidak mampu.

Ayah Liu, yang diidentifikasi sebagai Ding Mou, juga mengklaim bahwa Liu telah memintanya untuk membelikan rumah untuknya. Namun, Liu membantah hal ini di Weibo dan mengatakan dia hanya meminta orang tuanya membantunya membayar sewa.

 

 

5 dari 7 halaman

Viral di Weibo

Kisah Liu menjadi viral di platform mirip Twitter China, WeiboLiu mengatakan pekan lalu bahwa dia dibombardir dengan pesan dari kritikus dan troll internet. Pada hari Senin, diskusi Weibo tentang kematian Liu, pencarian, dan hubungannya dengan orang tuanya telah mengumpulkan lebih dari 150 juta tampilan, dan Liu telah mengumpulkan lebih dari 160.000 pengikut.

Sebagian besar pengguna Weibo mendukung kampanyenya dan mengutuk keputusan orang tuanya untuk menyerahkannya sebagai bayi (perdagangan anak atau penculikan di China dapat dihukum hingga 10 tahun penjara).

Dua pengacara terkemuka, Zhou Zhaocheng, yang secara teratur meliput kasus-kasus tentang kekerasan dunia maya, dan Guo Gangtang, yang mengkhususkan diri dalam menyatukan kembali anak-anak yang diperdagangkan dengan orang tua mereka, juga berbicara mendukung Liu.

Pada 19 Januari, Liu mengumumkan di Weibo bahwa dia berencana untuk menuntut kedua orang tuanya. "Awalnya, saya memikirkan anak-anak Anda dan menyerah pada ini. Tetapi sekarang saya melihat Anda telah mengacaukan hitam dari putih dan tidak dapat mengenali kesalahan Anda sendiri," tulisnya.

 

6 dari 7 halaman

Catatan bunuh diri

Kemudian pada Minggu malam, dia mengunggah apa yang tampak seperti catatan bunuh diri ke platform, memicu kepanikan di antara para pengikutnya.

"Dalam beberapa hari terakhir, ada orang yang menyerang dan mengutuk saya di Douyin dan Weibo," tulisnya dalam catatan 10.000 kata. "Aku telah bertahan disebut banyak jenis kutukan, seperti 'bajingan licik', 'pergi dan mati dengan cepat', 'menjijikkan', dan 'banci.'"

Dia menambahkan bahwa dia telah "ditinggalkan dua kali oleh orang tua kandungnya."

Tetapi ibu Liu menyangkal bahwa dia meninggalkan putranya. “Sejak awal, kami tidak memiliki kemampuan finansial; sekarang kami tidak memiliki kemampuan itu,” katanya dalam wawancara dengan The Paper pada 20 Januari. “Dia menekan kami untuk membelikannya rumah tanpa peduli jika kami tinggal atau mati. Orang tuanya juga patah hati."

 

7 dari 7 halaman

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit.

Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.