Sukses

6 Cara Mencegah Agar Kutil Tidak Tumbuh di Kulit Anda

Meski ada banyak cara untuk menghilangkan kutil, tapi mengambil tindakan pencegahan bisa menghemat uang serta menjaga kulitmu tetap sehat dan bersih.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kutil di tubuh memang lumrah terjadi. Meski pertumbuhan kutil kecil dan kasar ini seringkali tidak berbahaya, tapi itu bisa mempengaruhi penampilanmu.

Kutil disebabkan oleh Human papillomavirus, yang bisa ditemukan hampir di mana-mana dan menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain.

Meski begitu, ada banyak cara untuk menghilangkan kutil, tapi mengambil tindakan pencegahan bisa menghemat waktu dan uangmu serta menjaga kulitmu tetap sehat dan bersih.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan agar kutil tidak tumbuh di kulitmu, seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (29/1/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jangan gunakan handuk orang lain

Berbagi handuk dengan anggota keluargamu dari waktu ke waktu memang tampak tidak berbahaya. Tapi sebenarnya itu menjadi salah satu alsan mengapa papilloma dan kutil yang mengganggu bisa muncul di kulitmu. 

Jika seseorang di keluarmu memiliki kutil, ada kemungkinan menggunakan handuk yang sama akan menularkannya dari satu orang ke orang lain.

Pastikan setiap individu memiliki handuk sendiri dan barang-barang pribadi lainnya, seperti waslap dan gunting kuku.   

 

3 dari 6 halaman

2. Melembabkan kulit

Menjaga kulitmu terhidrasi sangat penting untuk membantunya tetap awet muda dan bebas kerutan. 

Namun, menggunakan pelembab yang tepat secara teratur juga bisa membantu mencegah kutil. Ketika kutilmu terlalu kering, human papillomavirus lebih mudah menembus retakan di kulitmu dan menyebabkan munculnya kutil yang mengganggu itu.

4 dari 6 halaman

3. Hilangkan kebiasaan menggigit kuku

Menggigit kuku menjadi kebiasaan yang sulit dihentikan oleh banyak individu. Tapi meski Anda belum siap melakukannya untuk kesehatan gigimu, pertimbangkan untuk melakukannya demi kecantikan kulitmu. 

Menggigit kuku membuat robekan kecil di kulitmu, dan meskipun Anda tidak melihatnya, mereka membiarkan virus penyebab kutil masuk ke dalam tubuhmu.

5 dari 6 halaman

4. Tutupi luka

Membersihkan dan menutupi lukamu bisa membantu menyembuhkannya lebih cepat dan juga bisa melindungimu dari kutil. 

Jika Anda kebetulan menyentuh sesuatu yang terkontaminasi virus penyebab kutil, ada kemungkinan virus tersebut bisa masuk ke dalam tubuhmu melalui goresan.

6 dari 6 halaman

5. Hindari mencukur bulu di atas kutil

Mencukur memungkinkanmu menghilangkan rambut yang tidak diinginkan dalam waktu singkat. Namun, jika Anda memiliki kutil, lebih baik memilih metode penghilang rambut lainnya. 

Saat Anda bercukur, Anda membuat luka kecil di kulitmu, dan itu bisa menyebarkan virus penyebab kutil ke kulit yang Anda cukur.

Mencukur di atas kutil dan kemudian mencukur di area lain di tubuhmu bisa menyebabkan beberapa kutil baru di kulitmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.