Jangan Disepelekan, 6 Bahaya Kurang Minum Air Putih Bagi Tubuh

Oleh Fany Triany pada 29 Jan 2022, 19:15 WIB
Diperbarui 29 Jan 2022, 19:15 WIB
Minum Air Putih
Perbesar
Ilustrasi Mengonsumsi Air Mineral Credit: unsplash.com/Dylan

Liputan6.com, Jakarta - Air putih atau air mineral tentu penting bagi tubuh. Meski begitu, masih ada individu yang mengabaikannya hanya karena tidak suka dengan rasa tawar dari air mineral.

Pemikiran ironis ini sebenarnya telah dirusak oleh faktor gangguan kesehatan, yaitu kecanduan terhadap gula, dalam hal ini adalah minuman yang memiliki rasa manis.

Dilansir dari Henryford, Sabtu (29/1//2022), manusia terdiri dari sekitar 80% air yang diperlukan untuk kinerja setiap organ, sel atau jaringan di dalam tubuh agar berfungsi dengan baik. Dari penjelasan ini dapat menjawab seberapa pentingnya air mineral bagi manusia.

Jumlah air yang direkomendasikan sekitar 6 sampai 8 gelas air putih setiap hari. Jumlah ini pun disesuaikan dengan tingkat aktivitas seseorang. Jika sangat aktif, mungkin yang dibutuhkan lebih dari 8 gelas.

Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air untuk memberi asupan cairan, seperti mentimun, buah berry, semangka, atau melon. 

Lantas apa sih yang akan terjadi pada tubuh jika kekurangan cairan? Berikut ulasannya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Sakit kepala terus-menerus

Ilustrasi sakit kepala
Perbesar
Ilustrasi sakit kepala

Reaksi pertama yang diberikan oleh tubuh saat kekurangan cairan adalah dehidrasi. Saat Anda mengalami dehidrasi, biasanya Anda akan merasakan sakit kepala yang berdenyut-denyut, buruknya sakit kepala ini bisa terjadi cukup lama.

Jika sudah merasakan hal tersebut, baiknya Anda minum air mineral satu gelas penuh secara perlahan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Fungsi usus menjadi lambat

Ilustrasi Sembelit
Perbesar
Ilustrasi Sembelit/Freepik.com

Masalah lain yaitu sembelit. Saat Anda merasa kesulitan buang air besar, atau kotoran terasa keras, bisa jadi Anda kekurangan cairan.

Reseptor air di usus besar yang membuat tinja lebih lunak, jadi saat tubuh kurang asupan air mineral, otomatis berdampak pada tinja yang keras, sembelit, hingga sakit perut dan kram.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Kulit kusam

ilustrasi kulit kering/pexels
Perbesar
ilustrasi kulit kering/pexels

Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa menunjukkan pada penampakan kulit. Jika Anda mendapati kulit kering dan bersisik, mungkin tubuh Anda sangat butuh asupan air mineral yang lebih.

Jika Anda tidak segera mengatasinya, mungkin masalah kecantikan akan terjadi, seperti kulit kusam, elastisitas berkurang, kulit kendur, hingga penuaan dini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Kelelahan berlebih

Ciri-Ciri Darah Rendah
Perbesar
Ilustrasi Kelelahan Credit: pexels.com/Lily

Kelelahan adalah reaksi paling masuk akal saat tubuh kekurangan cairan. Selain itu, tingkat energi tubuh juga akan menurun drastis lalu Anda bisa kehilangan fokus atau konsentrasi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Bertambah berat badan

Cerita Akhir Pekan: 6 Jenis Diet Terpopuler Sepanjang 2020
Perbesar
Ilustrasi turunkan berat badan. (dok. Ketut Subiyanto/Pexels/Brigitta Bellion)

Terkadang orang salah mengira. Jika rasa lelah timbul akibat rasa lapar, Anda akan terus makan hingga berat badan bertambah. Padahal yang sebenarnya tubuh butuhkan hanya minum air putih lebih banyak.

Coba pikirkan lagi, pernah enggak Anda mengalami rasa lapar yang hilang setelah minum satu gelas air putih? Nah, seperti itu kira-kira yang terjadi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Mulut kering

Sedang Alami Bibir Kering? Atasi dengan 3 Buah Ini
Perbesar
Ilustrasi bibir kering. (via: istimewa)

Kurang minum air putih dalam sehari saja bisa mengakibatkan selaput lender pada mulut berkurang. Kekurangan air liur menjadi penyebab selama ini Anda sulit untuk berbicara, menelan, bahkan bernapas.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya