Sukses

Ketahui Apa itu OCD, Penyakit yang Diidap Aliando Syarief

Lama tak terlihat, Aliando Syarief jadi sorotan lantaran mengaku mengalami gangguan mental OCD ekstrem.

Liputan6.com, Jakarta Lama tak terlihat, Aliando Syarief jadi sorotan lantaran mengaku mengalami gangguan mental OCD ekstrem. Ganguan mental tersebut membuat Aliando Syarief memilih untuk lebih banyak di rumah.

Melalui siaran tersebut Aliando merasa sangat terganggu dengan penyakit mental yang diidapnya. Aliando mengaku OCD yang dirasakan selama dua tahun ini lebih dari penderita biasa.

"Saya kena OCD, makanya kenapa enggak keluar dua tahun dan maksudnya jangan sampai ada berita-berita aneh juga karena yang akurat berita langsung dari akunnya Ali ini," ujar Aliando dikutip dari kanal YouTube Populer Seleb yang mengunggah ulang live Instagram Aliando, Kamis (27/1/2022).

Lantas sebenarnya apa itu OCD atau Obsessive compulsive disorder? OCD adalah gangguan mental yang menyebabkan penderita melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. 

Selain itu penderita yang mengalami kondisi ini akan mengalami ketakutan atau kecemasan yang berlebihan. Umumnya gangguan ini dialami oleh orang dewasa, namun juga dapat terjadi pada usia remaja bahkan anak-anak.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Itu OCD?

Dilansir dari Healthline, OCD merupakan kondisi dimana penderitanya menampilkan pola pikiran dan ketakutan yang tidak masuk akal atau menimbulkan sebuah rasa obsesi. Penderita melakukan perilaku yang kompulsif atau berulang-ulang atau ecara umum, gangguan ini merupakan kelainan psikologis yang dapat mempengaruhi perilaku dan pikiran penderita.

Alasan penderita melakukan kebiasaan berulang-ulang yaitu sebagai respon terhadap rasa cemas dan takut yang dialaminya. Pengidap OCD akan merasa cemas dan tertekan apabila tidak melakukan kebiasaan yang dilakukannya.

Sementara melansir dari Medical News Today, seseorang yang menderita OCD terkadang susah menyadari bahwa pikiran dan tindakannya tersebut berlebihan, namun penderita tak dapat menghindarinya dan tetap merasa harus melakukannya.

3 dari 3 halaman

Gejala OCD

Rupanya ada beberapa gejala yang paling umum yang dirasakan penderita penyakit OCD. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ulasannya:

  1. Pikiran menjadi lebih agresif.
  2. Merasa takut apabila terkontaminasi oleh benda yang telah disentuh orang lain sehingga sering mencuci tangan secara berulang.
  3. Terganggu dengan gambar-gambar atau konten seksual yang tidak menyenangkan. Hal ini sering terjadi berulang-ulang di dalam pikiran.
  4. Sering membayangkan menyakiti diri sendiri atau orang lain.
  5. Merasa khawatir yang berlebihan terhadap hal-hal kecil.
  6. Mengalami stres secara intens saat melihat benda yang tidak rapi.
  7. Sering menghindari situasi yang dapat memicu obsesi, seperti berjabat tangan dan menyentuh orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.