Sukses

Sub Varian Omicron BA.2 Terdeteksi di Amerika Serikat, Ahli Minta Jangan Panik

Sub varian Omicron BA.2 dilaporkan terdeteksi di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah muncul varian baru COVID-19 bernama Omicron pada 2021, varian tersebut kini bermutasi menjadi BA.2. Sub varian Omicron BA.2 diketahui telah terdeteksi di Amerika Serikat.

Dilansir dari USA Today, Rabu (26/1/2022), sejauh ini sub varian tersebut terdeteksi di negara bagian California, New Mexico, Texas, dan Washington. Sementara, kasus COVID-19 di negara bagian Massachusetts mulai menurun di awal tahun 2022.

Sebelum terdeteksi di Amerika Serikat, Omicron BA.2 telah muncul di India, Filipina, Denmark, Inggris, Australia, dan Afrika Selatan.

Menurut laporan Washington Post, sebanyak tiga kasus Omicron BA.2 muncul di Texas yang saat ini sedang dalam pengawasan di Houston Methodist Hospital.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ahli Minta Jangan Panik

Dilansir dari USA Today, menurut dokter spesialis penyakit menular di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston, Jacob Lemieux, masyarakat tidak perlu panik dengan kemunculan Omicron BA.2.

Sebab, saat ini sudah banyak alat yang ditemukan untuk memerangi virus COVID-19. Dia juga memperkirakan bahwa Omicron BA.2 lebih ringan dibandingkan Omicron BA.1 atau varian Omicron awal.

3 dari 6 halaman

Masih dalam Penelitian

Saat ini, peneliti belum menemukan bukti apakah BA.2 lebih berbahaya dan cepat menyebar dibandingkan Omicron BA.1. Sejumlah peneliti diketahui masih menyelidiki terkait Omicron BA.2.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Robert Garry, ahli virus dari Fakultas Kedokteran Universitas Tulane di New Orleans, Louisiana, kepada Washington Post.

4 dari 6 halaman

Kata Badan Keamanan Kesehatan Inggris

Menurut laporan Fox 29, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) mengungkapkan bahwa pihaknya sedang menyelidiki BA.2. Sejumlah peneliti mengungkapkan bahwa analisis awal dari BA.2 menunjukkan virus tersebut lebih cepat menular dibandingkan Omicron BA.1.

Meski begitu, tim peneliti belum menemukan perbedaan yang signifikan antara BA.1 dan BA.2. Sub-varian Omicron ini disebut masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

5 dari 6 halaman

Data Omicron BA.2 Masih Sedikit

UKHSA juga belum menemukan bukti yang kuat terkait tingkat keparahan Omicron BA.2.

"Sejauh ini belum ada cukup bukti untuk memutuskan apakah BA.2 menyebabkan penyakitnya lebih parah daripada Omicron BA.1 atau tidak. Data terkait BA.2 sangat terbatas. Namun, tim UKSHA terus menyelidikinya," kata Kepala Tim Penanganan COVID-19 di UKHSA dr Meera Chand.

6 dari 6 halaman

Kasus COVID-19 di AS

Kasus COVID-19 di Amerika Serikat terbilang masih sangat tinggi, sebanyak 680 ribu per hari. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), jumlah kasus tersebut disebut mengalami penurunan dari minggu lalu.

Jumlah pasien rumah sakit dengan COVID-19 juga mengalami penurunan, rata-rata sekitar 20 ribu per hari. Jumlah tersebut turun sekitar 7 persen dari minggu sebelumnya. Keadaan itu diharapkan dapat mengikuti penurunan angka kematian akibat COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan nama-nama baru untuk varian virus corona SARS-CoV-2 yang terdeteksi di berbagai negara.

    Varian Covid

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Cara