Sukses

Hindari 5 Makanan Ini Saat Malam Hari, Dijamin Tidur Akan Lebih Nyenyak

Cerdas dalam memilih menu makanan ternyata mampu menunjang kesehatan tubuh dan Anda lebih bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Makan menjadi kebutuhan setiap makhluk hidup. Namun, sikap tidak bijaksana individu dalam memilih makanan bisa memperburuk kesehatan tubuh. Contoh, berlebihan makan berlemak, gorengan atau daging merah bisa menyebabkan penyakit kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Memang itu tidak berlaku untuk semua individu, tapi kalau di makan terus menerus dan berlebihan, orang sehat pun lambat laun akan mengalami masalah kesehatan seperti penyakit berat, atau gangguan kesehatan ringan, seperti ketidakmampuan tidur lelap pada malam hari. 

Bagaimana makanan bisa mempengaruhi kualitas tidur? Dilansir dari Indiatimes, Rabu (26/1/2022), setiap makanan memiliki dampak berbeda pada pencernaan, kesehatan usus, berat badan dan kualitas tidur. Makan malam seolah menjadi penentu kelayakan tubuh untuk terus sehat atau sebaliknya. Karena malam adalah waktu dimana metabolisme tubuh bekerja memproses makanan yang telah Anda santap sebelumnya. 

Mengonsumsi makanan yang mudah dicerna menjadi solusi agar Anda terhindar dari gangguan tidur, refluks asam, sakit perut, ketidaknyamanan dan kembung.

Jika Anda sulit tidur nyenyak saat malam, bisa jadi Anda salah memilih menu makan malam. Agar terhindar dari gangguan tersebut, ada baiknya Anda menghindari jenis makanan berikut ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Fast Food atau makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dari makanan lain. Proses metabolisme yang bekerja saat tubuh istirahat otomatis akan kewalahan mengatasinya.

Fast food itu menambah timbunan lemak dalam tubuh dan bertambahnya bobot tubuh tidak bisa dihindari. Dalam kebanyakan kasus, makan-makanan tinggi lemak pada malam hari dapat menyebabkan perut kembung yang berdampak pada gangguan tidur.

3 dari 5 halaman

2. Makanan tinggi gula

Penggila makanan manis sedih kalau tahu ini. Tapi mengonsumsi makanan manis dan bertepung pada waktu makan malam, ternyata langsung meningkatkan kadar glukosa darah yang menyebabkan ketidakseimbangan insulin. 

Hal ini sangat buruk bagi pengidap diabetes. Hal buruk lainnya adalah bertambahnya berat badan yang sangat cepat. Gangguan tersebut bisa jadi membuatmu sulit tidur nyenyak di malam hari.

4 dari 5 halaman

3. Makanan pedas

Makanan pedas bermanfaat untuk membangkitkan suasana hati jadi lebih menyenangkan. Tapi makanan pedas juga dapat menyebabkan masalah lambung, perut mulas, dan naiknya asam lambung.

Jika gangguan muncul pada malam hari di waktu Anda tidur, tinggi refluks asam bisa membuat Anda sulit bernapas dan sensasi tidak nyaman pada perut. Reaksi ini pula yang jadi alasan mengapa Anda sering kali sulit tidur nyenyak.

5 dari 5 halaman

4. Makanan tinggi protein

Ada baiknya tubuh mendapat asupan makanan tinggi protein, karna golongan makanan tersebut mampu memperbaiki jaringan sel yang rusak serta membangun sel dan jaringan tubuh baru.

Tapi jangan coba makan-makanan tinggi protein pada malam hari ya, sebab daging juga sulit untuk dicerna oleh tubuh. 

Biasanya orang yang makan-makanan tinggi protein di waktu malam akan merasakan kembung dan tidur jadi tidak nyenyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.