Jarang Disadari, 5 Kebiasaan yang Bikin Kulit Wajah Cepat Menua

Oleh Yulia Lisnawati pada 24 Jan 2022, 08:02 WIB
Diperbarui 24 Jan 2022, 08:02 WIB
Menghambat Penuaan Dini
Perbesar
Ilustrasi Wajah Awet Muda Credit: pexels.com/Flory

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu mengindamkan kulit sehat, bersih dan awet muda. Berbagai cara pun dilakukan demi mendapatkan kulit wajah impian, mulai dari menggunakan produk kecantikan hingga melakukan perawatan kulit. 

Namun, ada beberapa kebiasaan yang bisa menyabotase semua upayamu. Beberapa kebiasaan ini bahkan tidak mudah dihilangkan, tapi jika Anda bisa melakukannya ini akan menjadi pilihan yang baik untuk kulitmu.

Nah, berikut kebiasaan sehari-hari yang bisa menghalangimu untuk mendapatkan kulit mulus dan awet muda, seperti melansir dari Bright Side, Senin (24/1/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Minum banyak kopi

Jangan Langsung Minum Kopi
Perbesar
Ilustrasi Minum Kopi Credit: pexels.com/Adrianna

Banyak dari kita tidak bisa membayangkan hari tanpa secangkir kopi. Tapi, terlalu sering menikmati kopi justru bisa membuat kulitmu terlihat lebih tua. 

Karena kopi bersifat diuretik, kopi sedikit membuat tubuhmu dehidrasi, yang pada gilirannya mempengaruhi kulitmu, membuatnya terlihat kusam dan berkerut.   

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Sering mengucek mata

ilustrasi menggosok mata bisa menyebabkan mata rusak/pexels
Perbesar
ilustrasi menggosok mata bisa menyebabkan mata rusak/pexels

Menggosok mata memang akan memberikan kelegaan setelah menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar gadget. Namun, kebiasaan ini bisa membuat mata menjadi kemerahan dan mengeringkan kulit di sekitarnya. 

Karena kulit di bawah matamu sangat tipis dan halus, menggosoknya bisa merusak pembuluh darah di bawah permukaannya, yang menyebabkan lingkaran hitam.

Menggosok mata secara terus-menerus juga bisa mengendurkan kulit di sekitar mata dan meregangkan jaringan, yang menyebabkan munculnya kerutan pada mata yang sangat sulit untuk dihilangkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Tidur tengkurap

Memiliki Jam Tidur yang Cukup
Perbesar
Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/Ketut

Setiap individu memiliki posisi tidur favorit yang terasa nyaman dan membantu kita tertidur lebih cepat. Namun, beberapa di antaranya bisa menyebabkan kerutan dan garis-garis halus. 

Saat Anda tidur tengkurap, wajahmu didorong ke atas bantal, menyebabkan kulitmu membentuk kerutan vertikal.

Dan karena ini terjadi setiap malam, kerutan ini berulang kali diperkuat dan akhirnya bisa menjadi permanen.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Menggunakan sabun batangan

Sabun Handmade
Perbesar
Ilustrasi Sabun Handmade Credit: pexels.com/pixabay

Sebatang sabun yang lucu memang terlihat bagus di kamar mandi, tapi sebenarnya bisa sangat keras untuk kulitmu. 

Sabun batangan sering mengandung bahan-bahan yang mengganggu tingkat pH kulitmu, menyebabkannya kehilangan minyak alami dan membuatnya terlihat kering dan berkerut.

Alih-alih menggunakan sabun batangan, pilihlah pembersih yang lembut dengan bahan-bahan ringan, yang dibuat khusus untuk jenis kulitmu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Menjilat bibir

Mengoleskan Concealer Pada Bibir
Perbesar
Ilustrasi Concealer Pada Bibir Credit: pexels.com/pixabay

Banyak dari kita sering kali menjilat bibir agar lebih lembab. Namun dalam jangka panjang, kebiasaan itu akan menyebabkan kulit halus di bibirmu menjadi pecah-pecah dan dehidrasi. 

Air liurmu mengandung enzim yang benar-benar bisa mengeringkan bibir dan merusak pelindungnya saat menguap.

Untuk membantu Anda menghentikan kebiasaan menjilat bibir, selalu bawa lip balm favoritmu atau di simpat di dekat tempat tidurmu.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya