KYB Project Ungkap Inovasi Formula Material dari Limbah Puntung Rokok di ONXFEST 2022

Oleh Sulung Lahitani pada 22 Jan 2022, 19:06 WIB
Diperbarui 22 Jan 2022, 19:06 WIB
KYBPROJECT Ungkap Inovasi Formula Material dari Limbah Puntung Rokok di ONXFEST 2022
Perbesar
Doc: Istimewa

Liputan6.com, Jakarta PT. Ide Dua Cipta mengawali tahun ini dengan perayaan 11 tahun berdirinya perusahaan melalui acara ONXFEST 2022 yang mengajak lebih banyak publik, komunitas, dan penggiat kreatif berkontribusi dalam mengelola limbah konsumsi harian melalui gerakan KYBPROJECT. Acara multi experience yang diadakan selama tanggal 22 dan 23 Januari 2022 di Ruang Seketika ini diramaikan dengan rangkaian sesi berbagi pengalaman kreatif terkait pengembangan produk juga desain yang berbasis keberlanjutan.

KYBPROJECT adalah sebuah gerakan yang mendorong pelaku kreatif Indonesia membuat bahan baku terbarukan dari limbah konsumsi harian, salah satunya puntung rokok. Beberapa pelaku design kreatif Ibu Kota seperti Ardzuna Sinaga, Urban Designer URBAN+ dan Albertus Prawarta, Co-founder Studio Arsitektropis dan JakartaPlay akan turut hadir membagikan pengalaman mereka di ONXFEST.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Beton ringan dari puntung rokok

KYBPROJECT Ungkap Inovasi Formula Material dari Limbah Puntung Rokok di ONXFEST 2022
Perbesar
Doc: Istimewa

Di acara ini, peserta juga diajak mengenali salah satu formula material KYBPROJECT yang terbuat dari puntung rokok, yaitu Lightweight Concrete Multipur^^^^pose. Untuk membuat sebuah produk Multipur^^^^pose, KYBPROJECT mengolah hingga 120 gram puntung rokok atau setara dengan 1200 buah puntung rokok. Harapannya formula yang cukup sederhana ini berpotensi dimanfaatkan dalam pengelolaan limbah puntung rumahan.

“Eksplorasi formula ini berawal dari keisengan anak-anak studio ketika melihat masalah sampah puntung di sekitar kantor. Ternyata ditemukan ada banyak potensi kreatif dari pengolahan sebuah puntung rokok. Salah satunya adalah lightweight concrete yang akhirnya mendorong tim mendalami riset dan pengembangan pengolahan puntung menjadi material signature yang bisa diaplikasikan untuk ragam kebutuhan desain produk,” ujar Rony Rahadian, CEO PT Ide Dua Cipta.

“Kami sangat senang selama 3 tahun ini, KYBPROJECT selalu melangkah maju dalam inovasi pengembangan produk. Kami berharap bisa memberikan manfaat positif kepada masyarakat luas.”

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Produk-produk dari KYB Project

KYBPROJECT Ungkap Inovasi Formula Material dari Limbah Puntung Rokok di ONXFEST 2022
Perbesar
Doc: Istimewa

Pengunjung juga bisa melihat sendiri beberapa produk menggunakan materi KYBPROJECT terbaru bersama kolaboratornya di acara ONXFEST 2022. Produk Multipur^^^^pose KYBPROJECT ini dapat digunakan sebagai asbak, tatakan gelas, tempat alat tulis, kartu nama, wadah perhiasan, dan sebagainya. Adapun ke depannya KYBPROJECT akan merilis produk fashion seperti jam tangan desain Pala Nusantara dan vinyl case dari Pop Hari Ini.

“Kami bersemangat untuk mengeksplorasi formula baru yang bisa mendukung rekan-rekan industri kreatif berinovasi dalam materi produknya. Kami berharap melalui ONXFEST 2022, kami bisa menjangkau lebih banyak orang yang tertarik untuk bereksperimen mengelola limbah konsumsi harian menjadi produk fungsional yang baru bersama kami,” tutup Rony.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya