Sukses

Tak Harus Mahal, 5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah dengan Bahan Alami

Daripada menghabiskan banyak uang untuk membeli produk kosmetik, kini Anda bisa mencoba solusi alami untuk menjaga kesehatan kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Kulit kita terpapar berbagai faktor berbahaya setiap hari. Tentu tidak mungkin untuk menghindari polusi, sinar matahari dan debu, yang membuat kulit tampak lebih tua dari yang sebenarnya.

Daripada menghabiskan banyak uang untuk membeli produk kosmetik, kini Anda bisa mencoba solusi alami untuk menjaga kesehatan kulit wajahmu.

Berikut beberapa cara menjaga kesehatan kulit wajah dengan bahan alami, seperti melansir dari Bright Side, Kamis (20/1/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Rawat kulit dengan scrub kopi buatan sendiri

Minum kopi dalam jumlah sedang bisa meningkatkan energi dan metabolismemu. Namun, tahukan Anda bahwa kopi juga bisa sangat membantu kulitmu? 

Antioksidan yang ditemukan dalam kafein memiliki manfaat bila diterapkan secara eksternal. Anda bisa mengombinasikan kopi bubuk dengan bahan lain, seperti madu, minyak kelapa atau susu untuk membuat scrub alami. 

Pasta akan mengelupas kulitmu, mengurangi jerawat dan bintik hitam sehingga wajahmu halus.   

 

3 dari 6 halaman

2. Atasi mata panda dengan baking soda

Soda kue terkenal dengan sifat pemutihnya, jadi mengombinasikannya dengan susu bisa mengurangi bintik hitam secara serius. 

Karena natrium juga mengandung kualitas anti-inflamasi dan antiseptik, itu bisa menjadi bahan yang berguna dalam krim untuk iritasi kulit dan ruam.

4 dari 6 halaman

3. Kentang sebagai pemutih alami untuk flek hitam pada kulit

Karena kentang tidak hanya sarat dengan mineral dan vitamin, tapi juga kalori, banyak individu menghindari penggunaan sayuran ini setiap hari dalam makanan mereka. 

Namun, Anda tidak boleh melewatkannya dalam rutinitas perawatanmu. Kentang adalah pemutih alami, obat noda, kulit terbakar dan bintik hitam pada kulitmu.

5 dari 6 halaman

4. Tenangkan tubuh dan kulit dengan teh chamomile

Banyak orang suka minum teh chamomile sebelum tidur untuk menenangkan tubuh dan saraf. Namun, tahukah Anda bahwa itu juga memiliki efek menenangkan pada kulitmu? 

Teh chamomile dikenal karena kualitas anti-inflamasinya dan dengan demikian mencuci muka dengan the tersebut menjadi cara alami yang bagus untuk mengurangi kemerahan dan peradangan.

Anda juga bisa menggunakannya sebagai pelembab sehari-hari jika Anda memiliki kulit kering atau teriritasi.

6 dari 6 halaman

5. Kulit pisang untuk berbagai masalah kulit

Menggosok kulit pisang pada kulitmu bisa membantu mengatasi beberapa masalah kulitmu. 

Kulit pisang membuat bekas jerawat memudar lebih cepat dan menjadi kurang terlihat, serta melembabkan kulit dan mengurangi kerutan.

Ingatlah hal ini dan pikirkan dua kali sebelum membuang kulit pisang ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.