14 Gejala Ini Bantu Anda Prediksi Infeksi Virus Covid-19 Varian Omicron Sebelum Lakukan Tes PCR

Oleh Sulung Lahitani pada 20 Jan 2022, 14:33 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 14:33 WIB
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19 Fernando Zhiminaicela via Pixabay (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)
Perbesar
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19 Fernando Zhiminaicela via Pixabay (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Kasus yang dikonfirmasi dari Covid-19 varian Omicron di Indonesia semakin meningkat. Tinggal menunggu waktu hingga varian virus ini menjadi dominan dibanding varian Covid lainnya dari kasus yang terkonfirmasi positif.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 varian Omicron. Seperti melarang warga untuk bepergian ke luar negeri, melakukan karantina dan tes PCR yang lebih dari sekali bagi mereka yang baru dari luar negeri, serta upaya-upaya lainnya.

Bagaimanapun, penting bagi masyarakat untuk dapat mengetahui kapan mereka memiliki gejala Covid-19 terlebih varian Omicron. Satu gejala tertentu telah dijelaskan oleh dokter AS sebagai indikator awalnya. Jadi apa yang harus diwaspadai orang?

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara memprediksi infeksi Covid

Omicron Melonjak, Tokyo Persiapkan Pembatasan Sosial
Perbesar
Seorang wanita memakai masker berjalan di stasiun Shinagawa di Tokyo (18/1/2022). Jepang melaporkan rekor tertinggi infeksi Covid-19 baru yang dipicu oleh varian Omicron. (AFP/Philip Fong)

Komisaris Departemen Kesehatan Masyarakat Chicago, Dr Allison Arwady, baru-baru ini mengatakan sakit tenggorokan dapat memprediksi infeksi Covid.

Seperti dilansir NBC Chicago, dia berkata: "Bahkan jika itu sakit tenggorokan, tidak peduli apa itu. Saya sudah memberi tahu staf saya sendiri ini, itu yang saya lakukan sendiri ... jika Anda sakit, bahkan sedikit sakit, tinggal lah di rumah."

"Lebih benar dari sebelumnya sekarang karena sakit, bahkan sedikit sakit, sampai terbukti sebaliknya dengan tes - itulah Covid. Begitulah cara kami memperlakukannya, begitulah seharusnya Anda memperlakukannya."

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tanda infeksi Covid-19 Varian Omicron

Ilustrasi vaksin corona, vaksin covid-19
Perbesar
Ilustrasi vaksin corona, vaksin covid-19. Kredit: fernando zhiminaicela via Pixabay

Ada beberapa tanda yang dapat diwaspadai sebagai gejala infeksi Covid-19, hal itu termasuk batuk baru yang terus menerus, kehilangan atau perubahan pada indera penciuman atau perasa dan suhu tinggi sebagai gejala utama virus.

The British Medical Journal (BMJ), sementara itu, merilis sebuah studi bahwa data awal menunjukkan gejala yang paling umum dari Omicron adalah pilek, sakit kepala, dan kelelahan.

Studi Gejala Covid ZOE telah mengumpulkan data gejala yang paling umum dan Business Insider kemudian menggunakan data tersebut untuk membuat daftar gejala lengkap yang mungkin ingin diperhatikan orang sebelum memutuskan untuk mengambil tes PCR.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Gejala Covid-19 Varian Omicron

Aksi Bersama Memutus Mata Rantai Covid-19
Perbesar
Ilustrasi Covid-19 Credit: pexels.com/MiguelAPadrian

Perlu dicatat bahwa daftar berikut tidak membedakan antara orang yang divaksinasi atau tidak divaksinasi dan didasarkan pada data awal.

  1. Hidung meler - 73%
  2. Sakit kepala - 68%
  3. Kelelahan - 64%
  4. Bersin - 60%
  5. Sakit tenggorokan - 60%
  6. Batuk terus-menerus - 44%
  7. Suara serak - 36%
  8. Menggigil atau menggigil - 30%
  9. Demam - 29%
  10. Pusing - 28%
  11. Kabut otak - 24%
  12. Nyeri otot - 23%
  13. Kehilangan penciuman - 19%
  14. Nyeri dada - 19%.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Apa yang harus dilakukan jika Anda merasa memiliki gejala?

Ilustrasi COVID-19
Perbesar
Ilustrasi COVID-19. Foto: (Ade Nasihudin/Liputan6.com).

Perlu dicatat bahwa bukan hanya sakit tenggorokan yang merupakan tanda Covid-19 dan beberapa orang mungkin tidak terpengaruh oleh gejala ini sama sekali. Cara terbaik untuk mengonfirmasi apakah Anda memiliki virus Corona adalah dengan mengambil tes PCR.

Orang-orang disarankan untuk mengambil tes PCR jika mereka merasa telah melakukan kontak dengan seseorang dengan virus, atau merasa tidak enak badan dengan cara apa pun.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya