Sukses

Konsumsi 6 Jenis Buah Ini untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ternyata ada obat tradisional yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu mempunyai tekanan darah yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, gaya hidup, hingga aktivitas yang biasa dilakukan.

Jumlah tekanan darah secara normal pada orang dewasa berada di antara 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Jika tekanan darahnya di bawah 90/60 mmHg, tandanya orang tersebut mempunyai tekanan darah rendah atau hipotensi.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi berada di angka lebih dari 120/80 mmHg. Hipertensi ini banyak dialami oleh orang dewasa usia lanjut. Ketika tekanan darahnya sangat tinggi, dokter biasanya akan meresepkan obat untuk mengontrolnya.

Meski begitu, menerapkan pola hidup sehat juga harus dilakukan. Dikutip dari Medicinet, Rabu (19/1/2022), ada beberapa buah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut daftarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Pisang

Selain bisa melancarkan buang air besar, pisang ternyata bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Buah ini sangat kaya nutrisi seperti serat, magnesium, potasium, dan antioksidan. Beberapa kandungan nutrisi itu diklaim bisa mengelola tekanan darah tinggi.

3 dari 7 halaman

2. Kelompok Berry

Semua jenis buah berry seperti blueberry, blackberry, strawberry, goji berry, dan lainnya, bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Blueberry merupakan jenis berry yang kaya akan senyawa antioksidan dan polifenol. Senyawa itu berperan penting dalam membantu menurunkan tekanan darah dan kesehatan pembuluh darah meningkat.

4 dari 7 halaman

3. Jeruk

Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Buah ini menjadi andalan bagi beberapa orang yang sedang sariawan.

Kandungan antioksidan dan flavonoid dalam buah jeruk bisa membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan jantung. Tak heran jika jeruk dianjurkan dikonsumsi oleh pengidap darah tinggi.

5 dari 7 halaman

4. Delima

Menurut sebuah penelitian, kandungan nutrisi dalam buah delima bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol darah.

Tak hanya itu, rutin mengonsumsi buah ini juga bisa meningkatkan kesehatan jantung, mencegah pembuluh darah mengeras, dan melancarkan aliran darah.

6 dari 7 halaman

5. Melon

Melon juga dianjurkan dikonsumsi bagi pengidap hipertensi. Sebab, buah ini banyak mengandung nutrisi yang berperan penting bagi kesehatan.

Beberapa di antaranya adalah potasium, folat, vitamin C, dan serat, yang berperan dalam meningkatkan kesehatan kardiovaskular serta mengelola tekanan darah.

7 dari 7 halaman

6. Plum

Plum bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kesehatan jantung, dan mencegah pembuluh darah mengeras. Sebab, plum mengandung potasium yang tinggi dan tingkat sodium yang rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.