Sukses

5 Tahun Bisu dan Lumpuh Akibat Kecelakaan, Pria Klaim Sembuh Usai Vaksin Covid-19

Seorang pria yang mengalami lumpuh dan tak bisa berbicara selama 5 tahun akibat kecelakaan secara mendadak sembuh setelah mendapatkan vaksin Covid-19.

Liputan6.com, India - Seorang pria di negara bagian Jharkhand, India, yang mengalami lumpuh dan tidak bisa berbicara setelah terlibat dalam kecelakaan mobil yang tragis lima tahu lalu, dilaporkan mulai bisa berjalan dan berbicara setelah mendapatkan vaksin Covid-19.

Banyak dari kita terus mendengar tentang efek samping negatif dari vaksinasi terhadap virus Corona, namun Dularchand Munda akan memberi tahu bahwa mendapatkan vaksin Covid-19 adalah hal terbaik yang pernah terjadi padanya.

Melansir dari Oddity Central, Rabu (19/1/2022), pria 55 tahun ini akhirnya mendapatkan vaksin Covid-19 pada 4 Januari dan mulai merasakan kembali kakinya dalam beberapa jam. Kini, setelah lumpuh dan bisu selama 5 tahun, dia sudah bisa berbicara lagi dan bisa berjalan dengan bantuan tongkat. 

“Senang telah mengambil vaksin ini. Ada gerakan di kaki saya sejak mengambil vaksin pada 4 Januari,” kata Munda kepada kantor berita India ANI.

“Suara saya kembali dan kaki saya juga bergerak,” tambahnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mulai bisa berjalan menggunakan tongkat

Munda sebelumnya sempat menjalani perawatan usai kecelakaan mobil yang membuatnya lumpuh lima tahun lalu. Dia kehilangan rasa di bagian bawah tubuhnya dan seiring waktu juga tidak bisa berbicara.

Kemudian, setelah melakukan vaksin Covid-19, dia mulai bisa menggerakkan kakinya lagi. Dia bahkan bisa berdiri dan mengambil beberapa langkah sambil ditopang. 

 

3 dari 4 halaman

Jadi kontroversi

Kisah Munda pun menjadi perbincangan viral di India, namun para medis skeptis mengenai pemulihan ajaibnya.

Sembuh dari kelumpuhan selama lima tahun bukanlah sesutau yang terjadi begitu saja. Jadi tim medis telah dibentuk untuk menganalisis riwayat medis kasus tersebut dan memberikan informasi yang objektif.

“Terpesona melihat ini, tapi perlu dipastikan oleh para ilmuwan. Seandainya dia pulih dari kondisi medis yang tidak lebih dari beberapa hari, itu bisa dipahami. Tapi pulih secara tiba-tiba dari kondisi medis selama lima tahun setelah melakukan vaksi, itu luar biasa,” kata Dr Jitendra Kumar kepada NDTV.

4 dari 4 halaman

Infografis Pemberian Vaksin Booster Covid-19 Gratis untuk Non-Lansia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.