Sukses

8 Tanda Wajah Anda Mulai Menua Lebih Cepat dari Seharusnya

Berikut ini beberapa tanda wajah Anda menua lebih cepat dari seharusnya.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun kita menerima kenyataan bahwa kulit kita akan menua seiring berjalannya waktu, mungkin saja tanda-tanda penuaan kulit sudah muncul di usia dua puluhan. Sebagian besar perubahan fisik ini tidak berbahaya tetapi dapat membuat kita merasa tidak nyaman dan bahkan mempengaruhi kepercayaan diri kita.

Mengubah gaya hidup dan kebiasaan kita segera setelah kita mendeteksi tanda-tanda awal penuaan kulit berarti kita dapat menikmati penampilan awet muda kita lebih lama. Berikut ini beberapa tanda kulit Anda menua lebih awal yang harus diwaspadai.

1. Ada benjolan kecil di wajahmu

Benjolan kecil ini disebut milia, yaitu benjolan kecil berwarna putih yang biasanya muncul di sekitar hidung dan pipi. Mereka dapat berkembang ketika kulit kita mulai kehilangan kemampuannya untuk terkelupas. Penggunaan produk yang berlebihan seperti krim steroid dapat membuat kulit kita menua lebih cepat dan menyebabkan milia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Bibirmu semakin tipis

Jika Anda melihat bibir Anda mulai menipis di usia dua puluhan, mungkin kulit Anda menua lebih cepat dari biasanya. Alasan utamanya bisa jadi adalah penurunan kolagen di bibir Anda. Bisa juga disebabkan oleh dehidrasi, sering menggunakan sedotan, paparan sinar matahari yang berlebihan, dan kekurangan vitamin C.

3. Kulit Anda mudah rusak

Kulit kita mungkin juga menua lebih cepat dari yang kita kira jika kita mendapatkan memar yang muncul secara misterius entah dari mana. Hal ini terjadi karena kulit kita menjadi lebih tipis dari biasanya, sehingga lebih rentan terhadap memar dan penyembuhan luka yang lebih lambat. Melembabkan kulit sering dapat membantu mencegah hal ini.

 

3 dari 5 halaman

4. Tekstur kulit Anda menjadi tipis

Paparan sinar matahari yang terlalu lama tanpa tabir surya adalah alasan utama mengapa ini terjadi. Kerusakan tersebut disebabkan oleh rusaknya elastin, yang memungkinkan kulit kita meregang dan kembali ke posisi normalnya. Mereka yang sering menggunakan tanning bed juga lebih berisiko mengalami hal ini.

5. Kelopak mata Anda mulai terkulai

Anda mungkin perlu berhenti menggosok mata lebih sering dari biasanya jika kelopak mata mulai turun. Juga dikenal sebagai ptosis, kelopak mata turun dapat terjadi dengan seringnya menggunakan lensa kontak kaku atau dapat menjadi efek dari operasi mata baru-baru ini.

 

4 dari 5 halaman

6. Ujung hidung Anda telah berubah bentuk

Bagi kebanyakan orang, perubahan bentuk hidung secara alami terjadi pada usia empat puluhan. Sayangnya, penuaan kulit akibat efek buruk sinar matahari bisa membuat hal ini terjadi lebih cepat. Hal ini dapat menyebabkan kesusahan bagi kebanyakan dari kita. Untungnya, prosedur rinoplasti modern minimal invasif dan memiliki hasil yang konsisten dan alami.

7. Anda melihat banyak tahi lalat merah di wajah Anda

Tahi lalat merah ini juga dikenal sebagai angioma ceri dan umumnya ditemukan pada orang yang berusia lebih dari 30 tahun, dengan peningkatan kejadian pada mereka yang berusia di atas 40 tahun. Bintik-bintik merah ini tidak berbahaya, tetapi ada pilihan bagi mereka yang ingin menghilangkannya, seperti cryosurgery dan operasi laser.

 

5 dari 5 halaman

8. Anda memiliki mata bengkak yang sepertinya tidak pernah hilang

Sangat mudah untuk mengabaikan yang satu ini karena kita biasanya mengabaikan mata bengkak sebagai kejadian normal yang dimulai pada usia dua puluhan dan bukan sebagai tanda penuaan kulit yang cepat. Penyebab lain mata bengkak selain kurang tidur adalah penumpukan cairan di sekitar mata. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan mengurangi makanan asin dari diet kita untuk mencegah peningkatan retensi air di area mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.