Sukses

11 Nutrisi yang Harus Anda Konsumsi untuk Tubuh yang Lebih Prima di 2022

Berikut ini nutrisi-nutrisi yang sebaiknya Anda konsumsi agar mendapatkan tubuh yang lebih prima di tahun 2022

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda ingin memulai tahun baru dengan mantap, buatlah resolusi untuk mendapatkan cukup nutrisi untuk tubuh yang kuat berikut ini. Mereka terbukti mendukung kesehatan secara keseluruhan sepanjang masa hidup - termasuk kekebalan dan perkembangan otak, massa dan kekuatan otot, kesehatan tulang, dan banyak lagi.

Dr. Irfan Shaikh, Head of Adult Nutrition, Scientific & Medical Affairs, Abbott's Nutrition Business membagikan informasi sumber nutrisi dan makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga tingkat optimal Anda tetap pada jalurnya. Apa saja? Ini dia.

1. Kalsium

Sebanyak 99% kalsium tubuh ditemukan di tulang dan gigi. Ini membuat kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Kalsium juga membantu otot berkontraksi, membantu pembekuan darah, dan membantu otak dan saraf kita berkomunikasi satu sama lain.

Produk susu seperti susu, yogurt, dan keju adalah sumber makanan kaya kalsium yang paling jelas. Selain itu, Anda juga dapat memasukkan makanan non-susu seperti tahu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan yang dapat ditambahkan ke diet Anda setiap hari untuk memastikan asupan kalsium.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Protein

Menyediakan blok bangunan untuk setiap sel dalam tubuh seperti otot, tulang, hormon, antibodi, dll. Mengonsumsi protein berkualitas tinggi 0,8 hingga 1g/kg berat badan per hari membantu membangun otot dan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama di antara waktu makan.

Sementara telur adalah sumber protein yang sangat baik, makanan seperti buncis, keju cottage, quinoa, yogurt Yunani, kacang tanah, dan almond juga membantu meningkatkan asupan protein. Tidak ketinggalan susu dan produk susu lainnya tentunya.

3. Vitamin A

Dikenal sebagai "vitamin anti infeksi", nutrisi ini menjaga kesehatan kulit, mulut, perut, dan paru-paru sehingga dapat melawan infeksi dengan lebih baik. Ini juga kunci untuk penglihatan yang tajam.

Konsumsilah dengan sedikit lemak untuk penyerapan yang lebih baik. Ubi jalar, labu, wortel, dan bayam sarat dengan Vitamin A.

 

 

3 dari 6 halaman

4. DHA Omega-3

Lemak unik ini ditemukan terutama dalam makanan laut, menyehatkan otak kita dan menjaga penglihatan tetap tajam. Ikan berlemak adalah sumber makanan omega 3 yang sangat baik.

Anda juga dapat memenuhi asupan omega 3 yang direkomendasikan dengan mengonsumsi makanan nabati, seperti sayuran kaya omega-3, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Untuk vegetarian, Rumput Laut, nori, spirulina, dan chlorella adalah berbagai bentuk ganggang yang banyak dikonsumsi orang untuk manfaat kesehatannya.

5. Vitamin C

Bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan. Ini juga membantu melindungi dari anemia dengan membantu kita menyerap lebih banyak zat besi dari makanan nabati.

Jeruk terkenal karena sumber vitamin C-nya. Namun, selain itu, makanan tertentu yang kaya akan vitamin C adalah kiwi, stroberi, brokoli, tomat, kembang kol, dan paprika merah.

 

 

4 dari 6 halaman

6. Selenium

Selenium bekerja sebagai nutrisi antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Mineral ini juga penting untuk reproduksi dan fungsi tiroid yang tepat.

Susu dan yogurt masing-masing mengandung sekitar 8 mcg selenium per cangkir, atau 11 persen dari kebutuhan harian Anda. Selain itu, ada pisang, kacang mete, lentil, dan bayam yang sarat dengan nutrisi ini.

7. Kolin

Otak dan sistem saraf kita bergantung pada kolin untuk memori, suasana hati, dan kontrol otot. Tetapi kebanyakan dari kita tidak cukup mengonsumsinya, terutama ibu hamil, yang membutuhkan kolin ekstra untuk membantu perkembangan anak mereka.

Sumber makanan utama kolin terutama terdiri dari makanan hewani seperti daging, unggas, ikan, produk susu, dan telur.

 

 

5 dari 6 halaman

8. Vitamin D

Nutrisi multitasking ini membantu tubuh kita menyerap kalsium dan meningkatkan sistem kekebalan yang kuat. Meskipun kita dapat membuat vitamin D dari sinar matahari, ini dapat ditemukan dalam makanan juga.

Ada beberapa makanan yang secara alami kaya akan vitamin D3. Beberapa sumbernya adalah daging ikan berlemak dan minyak hati ikan, kuning telur, jus jeruk, dan keju.

9. Vitamin E

Membantu tubuh Anda untuk bertahan melawan radikal bebas dan mendukung respons imun yang sehat. Vitamin E adalah nutrisi umum yang ditemukan di sebagian besar makanan. Beberapa makanan, termasuk minyak goreng, biji-bijian, dan kacang-kacangan, merupakan sumber yang sangat kaya vitamin E.

 

 

6 dari 6 halaman

10. Zinc

Menjaga sel-sel kekebalan tubuh tetap kuat dan sehat serta membantu penyembuhan luka. Zinc juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang tepat, terutama selama masa kanak-kanak, remaja, dan kehamilan.

Daging merupakan sumber zinc yang sangat baik terutama daging merah. Untuk vegetarian, makanan seperti buncis, lentil dan kacang-kacangan semuanya mengandung sejumlah besar seng. Biji-bijian juga merupakan tambahan yang sehat untuk diet Anda dan dapat membantu meningkatkan asupan seng Anda.

11. Cairan dan Elektrolit

Jangan lupakan cairan! Mereka melumasi sendi, menjaga sel dan jaringan tetap sehat, membuang produk limbah dan mengatur suhu tubuh, terutama saat Anda sakit.

Mengonsumsi cairan yang mengandung lektrolit – seperti natrium, kalium dan klorida – membantu tubuh mempertahankan cairan untuk hidrasi yang lebih baik. Banyak makanan dan minuman mengandung elektrolit termasuk sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung dan buah-buahan seperti pisang, plum, dan aprikot kering. Selain itu, kacang-kacangan dan lentil juga mengandung kadar elektrolit yang substansial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.