Sukses

4 Alasan Mengapa Lebih Baik Tak Keramas Saat Mandi Air Panas

Kebiasaan keramas dengan air panas sebenarnya bisa mempengaruhi kesehatan dan kecantikanmu.

Liputan6.com, Jakarta - Saat musim hujan, banyak individu memilih untuk mandi air panas. Selain menghangatkan tubuh, mandi air panas juga lebih menenangkan.

Terkadang hanya itu yang Anda butuhkan untuk bersantai setelah hari yang sibuk, apalagi jika Anda mandi air panas sambil keramas.

Namun, suhu air di kamar mandi biasanya terlalu panas untuk rambutmu. Kebiasaan keramas dengan air panas sebenarnya bisa mempengaruhi kesehatan dan kecantikanmu. Bahkan, lebih baik menggunakan air dingin untuk membilas rambutmu.

Berikut beberapa alasan mengapa lebih baik tak keramas saat mandi air panas, seperti melansir dari Bright Side, Rabu (12/1/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Bisa sebabkan kerontokan rambut

 

Keramas dengan air panas secara rutin bisa melemahkan helai rambut, membuatnya rapuh dan mudah patah. 

Air panas juga membuka pori-pori di kulit kepalamu, membuat akar rambutmu lebih lemah dan menyebabkan lebih banyak rambut rontok.

Keramas saat mandi dengan suhu tinggi bisa menghilangkan minyak alami dari rambutmu dan merusak perlindungan keratinnya, yang pada gilirannya, bisa menyebabkan kerusakan.   

 

3 dari 5 halaman

2. Menyebabkan kulit kepala gatal

Air panas sangat bagus untuk menghilangkan kotoran dan penumpukan produk, tapi juga menghilangkan minyak yang sangat dibutuhkan, yang menyebabkan kekeringan. 

Kulit kepalamu memiliki lapisan lipid epidermal lemak alami yang melindunginya dari bakteri. Keramas dengan air panas bisa melelehkan lapisan ini, menyebabkan kulit kepala gatal dan teriritasi.

4 dari 5 halaman

3. Menyebabkan munculnya ketombe

Jika Anda bermasalah dengan ketombe, lebih baik tahan godaan untuk keramas dengan air panas, bahkan saat cuaca dingin. 

Keramas saat mandi air panas mengeringkan kulit di kulit kepalamu dan kulit kepala yang kering adalah penyebab ketombe yang paling umum.

5 dari 5 halaman

4. Menyebabkan rambut kusut

Rambut yang kusut bisa mengganggu dan menyebalkan. Kebiasaan keramas saat mandi air panas ternyata bisa menjadi salah satu penyebab rambut terlihat kusut. 

Itu karena rambut kering mencoba menyerap kelembapan dari udara, menyebabkan kutikula membengkak dan rambutmu tampak keriting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.