Sukses

Jangan Menghakimi, Ini 4 Tanda Seseorang Mengalami Depresi

Berikut ini beberapa tanda seseorang mengalami depresi

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu teman dekat Anda membentak Anda dan pergi. Apa yang akan kamu lakukan? Cobalah mencari jawaban untuk perilaku yang tidak biasa seperti itu atau ikuti ego Anda dan katakan 'Saya tidak peduli'.

Kemungkinan besar itu akan menjadi yang terakhir. Jarang sekali kita mencoba mencari jawaban atas perilaku orang sebelum menghakimi mereka.

Namun, jika Anda melihat perubahan tiba-tiba dalam perilaku seseorang, seringkali hal itu bisa disebabkan oleh masalah psikologis atau penyakit mental. Jadi, sebelum Anda menilai orang berdasarkan perilaku mereka, penting untuk mencoba dan mencari tahu alasan di baliknya.

Berikut adalah 4 tanda yang menunjukkan seseorang mengalami depresi dan membutuhkan bantuan Anda.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Penarikan sosial secara tiba-tiba

Jika seseorang yang Anda kenal yang telah menjadi kupu-kupu sosial selama yang Anda ingat, kemudian belakangan ia belakangan mulai menarik diri dari lingkungan dan memutuskan semua kontak sosial, ada kemungkinan dia menderita depresi.

Jadi, jika Anda melihat tanda seperti itu, pastikan untuk mendapatkan kepercayaan diri mereka dan buat mereka berbicara tentang apa yang mengganggu mereka. Setelah Anda yakin, itu adalah depresi, atau bahkan jika Anda tidak yakin, yakinkan mereka untuk mencari bantuan profesional.

 

3 dari 5 halaman

2. Perasaan bersalah

Jika seseorang selalu menyalahkan dirinya sendiri dan berada dalam cengkeraman rasa bersalah dan kurang percaya diri, yang belum pernah terjadi sebelumnya, itu mungkin menandakan bahwa mereka mengalami depresi.

Perasaan seperti itu dapat memicu pikiran untuk bunuh diri, jadi penting untuk meyakinkan orang tersebut bahwa tidak ada yang salah dengan mereka dan apa pun yang terjadi bukanlah kesalahan mereka. Mereka mungkin membutuhkan kepastian yang konstan dan keyakinan Anda. Juga, mencari bantuan profesional paling awal disarankan.

 

4 dari 5 halaman

3. Kurangnya minat dalam aktivitas sehari-hari

Tanda lain dari seseorang yang menderita depresi adalah kehilangan minat dalam kegiatan sehari-hari. Jika Anda mengenal seseorang yang dulunya sangat bersemangat untuk melakukan hal-hal kecil dan sekarang menghindarinya, ada kemungkinan mereka mengalami depresi. Jadi, bicarakan dengan mereka tentang hal itu dan berikan bantuan.

 

5 dari 5 halaman

4. Kecemasan, stres, dan perilaku gelisah

Tanda penting lainnya yang membuktikan bahwa seseorang mungkin menjadi korban depresi adalah kecemasan yang terus-menerus, tingkat stres yang tinggi, dan perilaku gelisah.

Jika seseorang tampak gelisah dan tidak nyaman dan tidak memperhatikan apa yang Anda katakan atau katakan kepada mereka, atau sering menangis, ada kemungkinan mereka menderita depresi. Jadi, atasi masalahnya, hubungi mereka dan bantu mereka melewatinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.