Sukses

Perbedaan Gejala Awal Covid-19 Omicron dengan Varian Lainnya

Berikut ini beberapa perbedaan gejala Covid-19 dengan varian lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Covid-19 varian omicron telah memicu gelombang infeksi pandemi ini di Amerika Serikat dan juga negara-negara lain hingga menyebabkan kekhawatiran dan mendorong peningkatan mitigasi di seluruh negeri.

Ketegangan telah menguasai AS, terhitung kini telah muncul lebih dari 95% dari kasus baru Covid-19, menurut pejabat kesehatan setempat.

"Virus ini telah berubah. Ketika virus berubah, sains berubah,” kata Dr. Rochelle Walensky, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dilansir dari NBCC Chicago.

Tapi apa yang membuat omicron unik? Dan apakah ada cara untuk membedakannya dari varian lain? Tidak seperti strain sebelumnya, hilangnya rasa dan bau tidak dilaporkan sebagai gejala yang sering pada pengidap omicron, kata dokter.

Pejabat kesehatan di Afrika Selatan, negara pertama di mana wabah omicron besar terjadi, telah menyarankan orang-orang yang menduga mereka telah tertular Covid-19 untuk waspada terhadap gejala umum seperti batuk, kelelahan atau kelelahan, hidung tersumbat dan pilek.

Tapi mereka mencatat gejala Covid-19 hilangnya rasa dan bau tampaknya tidak bisa dibandingkan dengan varian lainnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala Awal Omicron

Pada wabah omicron Nebraska baru-baru ini, lima orang terinfeksi ulang dengan Covid-19, menurut laporan dari CDC. Empat orang mengalami kehilangan rasa atau penciuman selama pertama kali terinfeksi virus, tetapi tidak ada yang melaporkan gejala selama infeksi kedua, kata laporan itu.

Para peneliti yang mempelajari wabah omicron di sebuah pesta Natal di Norwegia menemukan bahwa dari lusinan orang yang mengalami gejala, 12% melaporkan penurunan penciuman dan 23% melaporkan fungsi pengecapan rasa berkurang.

Dr. Katherine Poehling, spesialis penyakit menular dan anggota Komite Penasihat Praktik Imunisasi, mengatakan pekan lalu bahwa batuk, hidung tersumbat, pilek dan kelelahan tampaknya merupakan gejala yang menonjol. Namun, dokter menekankan bahwa gejala didasarkan pada laporan awal kasus omicron, bukan studi ilmiah.

"Jelas bahwa jika Anda divaksinasi, terutama jika Anda memiliki booster, omicron cenderung menghasilkan infeksi yang lebih ringan," kata Dr. William Schaffner, ahli penyakit menular di Vanderbilt University Medical Center di Nashville, Tennessee.

"Apa yang belum kita lihat adalah kumpulan informasi substansial tentang apa yang akan dilakukan omicron pada orang yang tidak divaksinasi," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Dikenal dengan varian B.1.1.529

    covid-19 varian omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • COVID-19 varian baru telah masuk ke Indonesia. Tiga varian mutasi yang telah masuk itu dikenal dengan sebutan Alpha, Beta, dan Delta.

    gejala covid

  • Cara